Perbedaan dari Sinar dan Cahaya yang Harus Diketahui

Perbedaan dari Sinar dan Cahaya yang Harus Diketahui - Apakah sahabat sedang mencari informasi tentang JENIS PERBEDAAN ?, Nah isi dalam Artikel ini disusun agar pembaca dapat memperluas pegetahuan tentang Perbedaan dari Sinar dan Cahaya yang Harus Diketahui, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan referensi dari semua pembahasan untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel pendidikan, yang kami suguhkan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Perbedaan dari Sinar dan Cahaya yang Harus Diketahui
link : Perbedaan dari Sinar dan Cahaya yang Harus Diketahui

Baca juga


Perbedaan dari Sinar dan Cahaya yang Harus Diketahui

Apa perbedaan dari sinar dan cahaya? Mungkin anda pernah bertanya-tanya, mengapa suatu alat disebut bisa menghasilkan sinar infrared bukan cahaya infrared? Kenapa juga banyak orang yang menyebutkan cahaya bulan, tetapi hanya sedikit yang menamakannya sinar bulan?

perbedaan-sinar-dan-cahaya.jpg

Sinar Matahari

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, sinar adalah pancaran terang dan cahaya adalah terang yang memungkinkan mata bisa menangkap bayangan benda-benda di sekitarnya. Dalam praktiknya, kata sinar kerapkali disinonimkan dengan kata cahaya. Padahal, dari pengertian menurut KBBI di atas arti sinar tidak sama dengan cahaya. Pun dalam bahasa inggris, sinar (ray) mengandung maksud yang berbeda dengan cahaya (light).

Sinar

Suatu benda bisa dikatakan bersinar apabila benda tersebut dapat menghasilkan pancaran terang. Dengan kata lain, sumber sinar adalah berasal dari benda itu sendiri. Sebagai contoh di antaranya sinar matahari, sinar lampu, dan sinar X.

Cahaya

Cahaya adalah pancaran terang yang dipantulkan oleh suatu benda. Jadi, benda yang bercahaya tidak menghasilkan terang melainkan memantulkan terang. Contoh-contohnya antara lain cahaya bulan, cahaya cermin, dan cahaya cincin.

Kesimpulan

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa perbedaan sinar dan cahaya sebatas terletak pada sumber pancaran terang. Benda yang bisa menghasilkan terang disebut bersinar, sementara benda yang bisa memantulkan terang disebut bercahaya. Tetapi seiring perkembangan ilmu ketatabahasaan, antara sinar dan cahaya tidak memiliki arti yang cukup jauh lagi, sehingga boleh dipadupadankan.



Demikianlah Artikel Perbedaan dari Sinar dan Cahaya yang Harus Diketahui

Sekianlah artikel Perbedaan dari Sinar dan Cahaya yang Harus Diketahui kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan artikel ini.

Subscribe to receive free email updates: