Nih, Perbedaan Paling Jelas antara CV dan Resume!

Nih, Perbedaan Paling Jelas antara CV dan Resume! - Apakah sahabat sedang mencari informasi tentang JENIS PERBEDAAN ?, Nah isi dalam Artikel ini disusun agar pembaca dapat memperluas pegetahuan tentang Nih, Perbedaan Paling Jelas antara CV dan Resume!, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan referensi dari semua pembahasan untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Kehidupan, yang kami suguhkan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Nih, Perbedaan Paling Jelas antara CV dan Resume!
link : Nih, Perbedaan Paling Jelas antara CV dan Resume!

Baca juga


Nih, Perbedaan Paling Jelas antara CV dan Resume!

Apa perbedaan yang mendasar antara CV dan resume? CV (Curriculum Vitae) dan resume biasanya dibutuhkan untuk melengkapi berkas-berkas persyaratan pendaftaran suatu lowongan pekerjaan. Naasnya, ada pendapat yang mengatakan kalau CV dan resume itu sama saja. Padahal anggapan tersebut sangatlah keliru karena pada dasarnya CV dan resume adalah berbeda. Kedua macam berkas ini juga memiliki fungsi dan kegunaan yang tidak sama. Apakah itu?

perbedaan-cv-dan-resume.jpg

CV (Curriculum Vitae)

CV (Curriculum Vitae)

CV (Curriculum Vitae) adalah dokumen yang berisi latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, dan pencapaian profesional seseorang. Fungsi dan kegunaan CV adalah untuk meringkas informasi perjalanan karir profesional anda secara mendalam dan utuh. Pada umumnya, CV ditulis dalam bentuk format kronologis. Cakupan informasi di dalam CV tidak dibatasi dan bersifat lengkap pada semua bidang.

Resume

Resume adalah berkas yang berisi pengalaman dan kemampuan profesional seseorang. Fungsi dan kegunaan resume adalah untuk menekankan kelebihan-kelebihan anda ke perusahaan. Dengan kata lain, isi resume terfokus pada kekuatan yang anda miliki. Karenanya, informasi-informasi yang termuat di resume bisa disesuaikan dengan bidang kerja yang sedang dilamar.

Perbedaan

Dari penjelasan lengkap di atas, maka dapat disimpulkan bahwa perbedaan-perbedaan CV dan resume antara lain :

  1. Resume bisa disebut sebagai CV dalam versi yang singkat.
  2. CV berisi informasi pendidikan, pengalaman kerja, dan pencapaian profesional seseorang. Sedangkan resume berisi informasi pengalaman dan kemampuan seseorang.
  3. Resume terfokus pada bidang tertentu, namun CV merangkum semua bidang-bidang.
  4. CV menggambarkan latar belakang seseorang dan resume mendeskripsikan kelebihan seseorang.
  5. Resume bersifat lebih fleksibel daripada CV karena isinya bisa diubah-ubah dengan mudah.


Demikianlah Artikel Nih, Perbedaan Paling Jelas antara CV dan Resume!

Sekianlah artikel Nih, Perbedaan Paling Jelas antara CV dan Resume! kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan artikel ini.

Subscribe to receive free email updates: