Apa Perbedaan dari Simpati dan Empati?

Apa Perbedaan dari Simpati dan Empati? - Apakah sahabat sedang mencari informasi tentang JENIS PERBEDAAN ?, Nah isi dalam Artikel ini disusun agar pembaca dapat memperluas pegetahuan tentang Apa Perbedaan dari Simpati dan Empati?, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan referensi dari semua pembahasan untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Bahasa, yang kami suguhkan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Apa Perbedaan dari Simpati dan Empati?
link : Apa Perbedaan dari Simpati dan Empati?

Baca juga


Apa Perbedaan dari Simpati dan Empati?

Apakah perbedaan dari simpati dan empati? Menurut KBBI, simpati adalah keikutsertaan merasakan perasaan orang lain seperti gembira, sedih, susah, dan sebagainya. Sedangkan empati adalah keadaan mental yang membuat seseorang mengidentifikasikan dirinya di keadaan, perasaan, atau pikiran yang sama dengan orang lain. Jadi seseorang yang bersimpati akan menaruh kasih dan seseorang yang berempati akan melakukan tindakan kasih.

perbedaan-simpati-dan-empati.jpg

Sahabat

Simpati

Kata simpati berasal dari bahasa yunani yaitu συμπάθεια yang berarti perasaan atau gairah. Simpati adalah perasaan yang dimiliki oleh seseorang untuk turut merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain. Simpati tidak hanya bisa terjadi pada perasaan sedih, tetapi juga perasaan senang, bahagia, dan gembira. Perasaan-perasaan ini akan muncul manakala terbentuk pengertian antar pihak-pihak yang terlibat. Simpati biasanya muncul dalam diri seseorang pada saat melihat sikap dan penampilan orang lain.

Empati

Kata empati diserap dari bahasa yunani yaitu εμπάθεια yang artinya ketertarikan fisik. Empati adalah kemampuan seseorang untuk ikut merasakan perasaan yang dimiliki oleh orang lain. Kemampuan ini biasanya terbentuk karena seseorang secara tidak langsung berhubungan dengan pikiran, kepercayaan, dan keinginan orang lain tersebut. Oleh sebab itu, seseorang yang berempati bisa mengetahui dengan tepat perasaan orang lain.

Perbedaan

Perbedaan yang paling mendasar antara simpati dan empati terletak pada wujud penerapannya. Simpati hanya sebatas ikut merasakan perasaan orang lain, sedangkan empati diikuti dengan tindakan nyata. Sebagai contoh, seseorang yang bersimpati hanya akan mengucapkan belasungkawa dan turut sedih saat mendengar kabar kematian orang lain. Sementara seseorang yang berempati akan melayat ke rumah duka dan membantu proses penguburan jenazah.



Demikianlah Artikel Apa Perbedaan dari Simpati dan Empati?

Sekianlah artikel Apa Perbedaan dari Simpati dan Empati? kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan artikel ini.

Subscribe to receive free email updates: