Tulis! Ini Perbedaan dari Kata Efektif dan Efisien

Tulis! Ini Perbedaan dari Kata Efektif dan Efisien - Apakah sahabat sedang mencari informasi tentang JENIS PERBEDAAN ?, Nah isi dalam Artikel ini disusun agar pembaca dapat memperluas pegetahuan tentang Tulis! Ini Perbedaan dari Kata Efektif dan Efisien, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan referensi dari semua pembahasan untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel pendidikan, yang kami suguhkan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Tulis! Ini Perbedaan dari Kata Efektif dan Efisien
link : Tulis! Ini Perbedaan dari Kata Efektif dan Efisien

Baca juga


Tulis! Ini Perbedaan dari Kata Efektif dan Efisien

Pernahkah anda bertanya-tanya apa perbedaan dari efektif dan efisien? Yap, kedua kata ini memang sering digunakan secara bersamaan untuk menggambarkan orientasi tujuan dan hasil yang maksimal dari suatu perencanaan kerja. Karena seringnya kata efektif dan kata efisien dihadirkan dalam sebuah konteks kalimat yang sama, hal ini menimbulkan kerancuan dari pengertian keduanya.

perbedaan-efektif-dan-efisien.jpg

Karyawan

Efektif

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), efektif adalah dapat membawa hasil atau berhasil guna. Pengertian secara sederhananya, efektif berarti bisa mencapai hasil sesuai harapan. Tolak ukur keberhasilan dalam meraih tujuan yang telah ditentukan disebut efektifitas.

Contoh penggunaan kata efektif antara lain :

  1. Obat ini efektif meredakan sakit kepala. Artinya, obat ini manjur meredakan sakit kepala.
  2. Dia berhasil mengerjakan tugasnya dengan efektif. Artinya, dia berhasil mengerjakan tugasnya dengan sukses.
  3. Kinerja ponsel pintar ini sangat efektif ketika menjalankan aplikasi berukuran besar. Artinya, kinerja ponsel pintar ini sangat sesuai harapan pengguna ketika menjalankan aplikasi berukuran besar.

Efisien

Pengertian kata efisien menurut KBBI adalah tepat untuk mengerjakan sesuatu tanpa membuang-buang waktu. Jadi bisa diterjemahkan bahwa efisien yaitu hemat waktu, serta hemat biaya dan hemat tenaga. Sedangkan efisiensi dapat dimaksudkan sebagai ketepatan menjalankan tugas dengan baik dan tepat tanpa membuang-buang waktu, biaya, dan tenaga.

Contoh penggunaan kata efisien dalam suatu kalimat, di antaranya :

  1. Obat ini efisien meredakan penyakit flu. Artinya, obat ini cepat meredakan penyakit flu.
  2. Michael berhasil mengerjakan tugasnya dengan efisien. Artinya, Michael berhasil mengerjakan tugasnya dengan tepat waktu.
  3. Kinerja komputer ini sangat efisien ketika menjalankan software berukuran besar. Artinya, kinerja komputer ini sangat cepat ketika menjalankan software berukuran besar.


Demikianlah Artikel Tulis! Ini Perbedaan dari Kata Efektif dan Efisien

Sekianlah artikel Tulis! Ini Perbedaan dari Kata Efektif dan Efisien kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan artikel ini.

Subscribe to receive free email updates: