Ini Bedanya Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup

Ini Bedanya Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup - Apakah sahabat sedang mencari informasi tentang JENIS PERBEDAAN ?, Nah isi dalam Artikel ini disusun agar pembaca dapat memperluas pegetahuan tentang Ini Bedanya Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan referensi dari semua pembahasan untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel pendidikan, yang kami suguhkan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Ini Bedanya Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
link : Ini Bedanya Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup

Baca juga


Ini Bedanya Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup

Di dalam ilmu biologi, kita mengenal peristiwa pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup. Tahukah anda bahwa kedua peristiwa alam ini benar-benar berbeda. Lantas, apa sajakah perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan? Simak ulasannya dari Farof berikut ini!

pertumbuhan-dan-perkembangan-makhluk-hidup.jpg

Pohon

Pertumbuhan

Pertumbuhan adalah peristiwa yang dialami oleh semua makhluk hidup, di mana makhluk hidup tersebut mengalami perubahan ukuran yang bersifat inreversibel atau tidak bisa kembali seperti semula. Contoh pertumbuhan adalah bertambahnya tinggi badan seseorang.

Perkembangan

Perkembangan adalah peristiwa biologis yang terjadi pada semua makhluk berupa perubahan fungsi dan struktur yang bersifat spesifik menuju tahap kedewasaan. Contoh perkembangan adalah perubahan emosi, perubahan pola pikir, dan perubahan ketertarikan.

Perbedaan

Berikut ini merupakan perbedaan-perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan, yakni :

  1. Perubahan yang terjadi pada proses pertumbuhan bisa diukur secara matematis, sementara perkembangan tidak bisa diukur.
  2. Pertumbuhan bersifat kuantitatif dan perkembangan bersifat kualitatif.
  3. Biasanya pertumbuhan makhluk hidup terjadi secara cepat mulai dari masa kelahiran hingga remaja, kemudian melambat saat di masa dewasa sampai tua. Sedangkan perkembangan berlangsung secara cepat di setiap masa/fase kehidupan makhluk hidup.
  4. Pertumbuhan makhluk hidup mempunyai batasan terhadap usia. Di sisi lain, perkembangan makhluk hidup tidak memiliki batasan usia sama sekali.

Jadi, sekarang anda pasti sudah mengerti perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan kan? Silahkan kirimkan pertanyaan pada kolom di bawah apabila masih ada hal-hal yang belum anda pahami. Terima kasih banyak sudah berkunjung.



Demikianlah Artikel Ini Bedanya Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup

Sekianlah artikel Ini Bedanya Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan artikel ini.

Subscribe to receive free email updates: