Perbedaan Ikan Lele Dumbo, Sangkuriang, dan Mutiara | JENIS PERBEDAAN

Perbedaan Ikan Lele Dumbo, Sangkuriang, dan Mutiara | JENIS PERBEDAAN - Apakah sahabat sedang mencari informasi tentang JENIS PERBEDAAN ?, Nah isi dalam Artikel ini disusun agar pembaca dapat memperluas pegetahuan tentang Perbedaan Ikan Lele Dumbo, Sangkuriang, dan Mutiara | JENIS PERBEDAAN, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan referensi dari semua pembahasan untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel perbedaan, yang kami suguhkan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Perbedaan Ikan Lele Dumbo, Sangkuriang, dan Mutiara | JENIS PERBEDAAN
link : Perbedaan Ikan Lele Dumbo, Sangkuriang, dan Mutiara | JENIS PERBEDAAN

Baca juga


Perbedaan Ikan Lele Dumbo, Sangkuriang, dan Mutiara | JENIS PERBEDAAN

JENIS PERBEDAAN -
Sudah lama masyarakat Indonesia mengenal ikan lele sebagai ikan konsumsi. Ikan air tawar ini memang mempunyai daging yang rasanya enak, gurih, dan teksturnya sangat lembut. Ikan lele juga memiliki duri yang tidak terlalu banyak dan tersusun rapi. Hal ini sangat memudahkan kita dalam menyantap daging ikan lele. Biasanya sih ikan lele dimasak dengan cara digoreng. Lalu saat penyajiannya tidak lupa didampingi dengan sambal. Ada salah satu kuliner dari ikan lele yang sangat terkenal yaitu pecel lele.
Tahukah Anda, ada banyak sekali jenis-jenis ikan lele yang dibudidayakan oleh para peternak di Indonesia. Para peternak tersebut umumnya memilih jenis ikan lele yang berkualitas unggul agar dapat memberikan keuntungan yang besar. Anda tentu sudah pernah mendengar nama ikan lele dumbo? Yap, ini merupakan salah satu jenis ikan lele yang banyak dibudidayakan. Tapi karena kualitas gennya semakin menurun, maka dikembangkan jenis-jenis yang lain. Dua di antaranya adalah ikan lele sangkuriang dan ikan lele mutiara.
Mari kita mengenal ikan lele dumbo, ikan lele sangkuriang, dan ikan lele mutiara.
Ikan Lele Dumbo
perbedaan-ikan-lele-dumbo.jpg
Ikan lele dumbo adalah jenis ikan lele yang berkualitas unggul. Kelebihan utama dari ikan ini yaitu tingkat pertumbuhannya yang lebih cepat daripada ikan lele lokal. Jenis ikan lele ini pun mampu bertahan hidup di dalam air yang memiliki kandungan oksigen rendah hingga air yang mengandung lumpur. Ini dikarenakan ikan lele dumbo mempunyai arborescent sebagai organ pernapasan tambahan. Bahkan dengan organ ini pula, ikan lele dumbo mampu bertahan hidup di darat asalkan udaranya cukup lembab.
Ikan lele dumbo mempunyai lapisan daging yang lebih tebal ketimbang ikan lele lokal sehingga bobotnya lebih berat. Nafsu makan ikan lele ini tinggi sekali. Dia mau memakan hampir semua pakan yang diberikan. Inilah yang membuat kemampuan tumbuhnya sangat cepat. Keunikan dari ikan lele dumbo adalah senang melompat ke daratan, terutama saat malam hari. Ikan lele dumbo biasanya melakukan pemijahan di sepanjang musim penghujan antara bulan Oktober sampai bulan April. Salah satu pemicunya adalah tingginya genangan air di kolam.
Ikan Lele Sangkuriang
perbedaan-ikan-lele-sangkuriang.jpg
Kemunculan ikan lele sangkuriang disebabkan oleh kualitas gen ikan lele dumbo yang semakin menurun setiap tahunnya. Penyebabnya adalah kesalahan peternak dalam melakukan upaya perkawinan ikan tersebut. Ikan lele sangkuriang merupakan hasil perkawinan silang antara ikan lele dumbo generasi kedua (F2) dengan ikan lele dumbo generasi keenam (F6). Ikan lele jenis sangkuriang pertama kali diperkenalkan oleh Menteri Keuangan pada tahun 2004. Keunggulan utamanya yaitu kemampuannya dalam menghasilkan telur mencapai 40.000-60.000 butir.
Kemudian pada tahun 2010 ditemukan juga ikan lele sangkuriang II oleh BBPBAT. Ikan lele ini dihasilkan dari persilangan antara ikan lele dumbo generasi keenam (F6) dengan ikan lele afrika generasi kedua (F2). Ikan lele sangkuriang II mempunyai tingkat pertumbuhan yang lebih baik daripada ikan lele sangkuriang. Bahkan ikan lele sangkuriang II pun mampu tumbuh besar sekali dengan bobot mencapai 7 kg. Kelebihan lain dari jenis ikan lele ini yaitu pakan yang kita berikan akan digunakan secara maksimal untuk pembentukan daging.
Ikan Lele Mutiara
perbedaan-ikan-lele-mutiara.jpg
Ikan lele mutiara adalah jenis ikan lele varietas unggul yang paling baru ditemukan. Ikan lele ini dihasilkan oleh BPPI Sukamandi dan dilepaskan ke masyarakat berdasarkan Keputusan Menteri No. 77/KEPMEN-KP/2015. Ada kelebihan-kelebihan tersendiri yang dimiliki oleh lele mutiara dibandingkan ikan lele dumbo atau sangkuriang. Di antaranya kecepatan pertumbuhannya mencapai 10-40 persen, masa pemeliharaannya lebih singkat, keseragaman ukuran tubuh ikan, dan memiliki tingkat FCR (Feed Conventon Ratio) relatif lebih rendah.
Selain itu, ikan lele mutiara juga memiliki kemampuan daya tahan terhadap penyakit yang relatif tinggi. Begitu pula dengan toleransinya terhadap kondisi lingkungan juga sangat baik. Diketahui bahwa ikan lele mutiara mempunyai produktivitas telur yang relatif tinggi mencapai 20-70 persen lebih banyak daripada jenis-jenis ikan lele yang lain. Oleh karena itu, tidak sedikit para peternak ikan lele di Indonesia yang mulai beralih membudidayakan ikan lele mutiara. Anda juga mungkin ikut tertarik mencobanya?




Demikianlah Artikel Perbedaan Ikan Lele Dumbo, Sangkuriang, dan Mutiara | JENIS PERBEDAAN

Sekianlah artikel Perbedaan Ikan Lele Dumbo, Sangkuriang, dan Mutiara | JENIS PERBEDAAN kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan artikel ini.

Subscribe to receive free email updates: