Ini Loh Perbedaan Asian Games dan SEA Games | JENIS PERBEDAAN

Ini Loh Perbedaan Asian Games dan SEA Games | JENIS PERBEDAAN - Apakah sahabat sedang mencari informasi tentang JENIS PERBEDAAN ?, Nah isi dalam Artikel ini disusun agar pembaca dapat memperluas pegetahuan tentang Ini Loh Perbedaan Asian Games dan SEA Games | JENIS PERBEDAAN, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan referensi dari semua pembahasan untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel perbedaan, yang kami suguhkan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Ini Loh Perbedaan Asian Games dan SEA Games | JENIS PERBEDAAN
link : Ini Loh Perbedaan Asian Games dan SEA Games | JENIS PERBEDAAN

Baca juga


Ini Loh Perbedaan Asian Games dan SEA Games | JENIS PERBEDAAN

JENIS PERBEDAAN -
Beruntung sekali karena Indonesia tahun ini bakal menjadi tuan rumah penyelenggara Asian Games. Rencananya perhelatan olahraga se-Asia ini akan diadakan di dua kota terbesar di Indonesia yaitu Jakarta dan Palembang. Kita patut bersyukur sebab pada akhirnya Indonesia diberi kesempatan yang sangat besar ini. Sebagai tuan rumah yang baik, kita tentu harus mendukung keberhasilan terselenggaranya acara ini sembari tak lupa mendoakan atlet-atlet kita sukses meraih hasil yang paling membanggakan.
Kejuaraan di bidang olahraga memang terbagi menjadi beberapa tingkatan, mulai dari yang paling rendah sampai tingkat tertinggi. Kejuaraan olahraga di dalam negeri yang melibatkan seluruh atlet berwarga negara Indonesia adalah PON (Pekan Olahraga Nasional). Kemudian di tingkat yang lebih tinggi yaitu SEA Games, yakni kejuaraan olahraga antar negara-negara di Asia Tenggara. Ada pula Asian Games di atasnya yang mempertemukan atlet dari negara-negara di Asia. Dan kejuaraan yang paling tinggi ialah Olimpiade.
asian-games-sea-games.jpg
Khusus pada kesempatan kali ini, kita hanya akan membahas seputar Asian Games dan SEA Games saja. Di satu sisi ada persamaan antara kedua jenis kejuaraan olahraga ini, tetapi di sisi lain Asian Games berbeda dengan SEA Games. Persamaan yang paling utama tentu adalah Asian Games dan SEA Games sama-sama merupakan kejuaraan di bidang olahraga yang memiliki tujuan penyelenggaraan untuk mempererat hubungan antar negara melalui kompetisi yang sportif. Tetapi keduanya tetap ajang kejuaraan yang berbeda.
Setidaknya terdapat 3 (tiga) perbedaan antara Asian Games dan SEA Games, antara lain :
  1. Peserta
Peserta Asian Games berbeda dengan SEA Games. Jumlah negara yang turut serta berkompetisi dalam Asian Games jauh lebih banyak. Hal ini dikarenakan Asian Games merupakan ajang kejuaraan olahraga se-Asia. Jadi pesertanya adalah negara-negara di Benua Asia. Berbeda dengan SEA (South East Asian) Games yang hanya melibatkan negara-negara di Kawasan Asia Tenggara saja. Boleh dikatakan Asian Games lebih besar daripada SEA Games.
  1. Waktu
Ternyata waktu penyelenggaraan Asian Games dan SEA Games mempunyai jeda yang berbeda loh. Ajang Asian Games diketahui selalu diadakan setiap empat tahun sekali. Jadi bila tahun 2018 ada Asian Games, maka acara Asian Games yang berikutnya bakal dilaksanakan pada tahun 2022. Kejuaraan Asian Games pertama kali diselenggarakan pada tahun 1951. Sedangkan SEA Games diadakan setiap dua tahun sekali. Acara ini pertama kali diadakan pada tahun 1959.
  1. Cabang Olahraga
Khusus untuk cabang olahraga ini biasanya bersifat fluktuatif. Maksudnya adalah sejumlah cabang olahraga bisa tiba-tiba dihilangkan atau dimunculkan untuk alasan tertentu. Contohnya seperti cabang olahraga E-Sport yang rencananya akan mulai diperkenalkan pada Asian Games kali ini, meskipun nomornya belum dipertandingkan secara resmi. Padahal di penyelenggaraan Asian Games maupun SEA Games sebelumnya tidak ada cabang olahraga E-Sport. Tahun ini, diperkirakan ada sekitar 40 cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Asian Games.


Demikianlah Artikel Ini Loh Perbedaan Asian Games dan SEA Games | JENIS PERBEDAAN

Sekianlah artikel Ini Loh Perbedaan Asian Games dan SEA Games | JENIS PERBEDAAN kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan artikel ini.

Subscribe to receive free email updates: