Ini Dia 6 Perbedaan Ular Weling dan Welang | JENIS PERBEDAAN

Ini Dia 6 Perbedaan Ular Weling dan Welang | JENIS PERBEDAAN - Apakah sahabat sedang mencari informasi tentang JENIS PERBEDAAN ?, Nah isi dalam Artikel ini disusun agar pembaca dapat memperluas pegetahuan tentang Ini Dia 6 Perbedaan Ular Weling dan Welang | JENIS PERBEDAAN, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan referensi dari semua pembahasan untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel perbedaan, yang kami suguhkan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Ini Dia 6 Perbedaan Ular Weling dan Welang | JENIS PERBEDAAN
link : Ini Dia 6 Perbedaan Ular Weling dan Welang | JENIS PERBEDAAN

Baca juga


Ini Dia 6 Perbedaan Ular Weling dan Welang | JENIS PERBEDAAN

JENIS PERBEDAAN -
Anda yang suka memelihara ular khususnya pasti sudah pernah mendengar nama ular welang dan ular weling, kan? Nama kedua ular ini seolah-olah seperti saudara kembar. Hal tersebut dikarenakan rupa ular welang dan ular weling memang sangat mirip. Bukan hanya orang awam saja yang bingung dengan kedua ular ini, bahkan orang yang hobi memelihara ular pun kadang-kadang kesulitan membedakannya. Ini dikarenakan ada banyak persamaan yang dimiliki antara ular welang dan ular weling.
Jika diperhatikan sepintas, ular weling dan ular welang terlihat seperti ular yang sama. Rupa dan gerak-gerik ular tersebut mirip sekali. Keduanya sama-sama berwarna belang-belang antara hitam dan putih. Tapi ternyata, ular weling bukan ular welang. Begitu pula sebaliknya. Sebab kedua ular ini memang berasal dari spesies yang berbeda. Apabila Anda memperhatikan kedua ular ini dengan lebih teliti, maka Anda bisa menemukan perbedaan-perbedaannya.
Ular weling dan welang sering dianggap sebagai ular yang sama. Hal ini tidak terlepas warna tubuhnya yang sama-sama hitam putih. Kedua ular ini juga semi-aquatic, mempunyai bisa berjenis neurotoxin, dengan tipe gigi proteroglypa. Ular weling dan welang sama-sama sensitif terhadap cahaya. Keduanya juga bersifat kanibal, di mana suka memangsa ular lain yang juga semi-aquatic. Ular ini memiliki gerakan yang tenang. Ukuran tubuh maksimalnya mencapai 150-180 cm.
Ular Weling (Bungarus candidus)
perbedaan-ular-weling-dan-welang.jpg
Ular weling biasanya tinggal di sungai, rawa, sawah, dan selokan air. Bentuk tubuhnya bulat dengan ekor yang berbentuk runcing memanjang. Warna belang pada ular ini melingkar hanya separuh bagian tubuhnya. Sedangkan sisik bawahnya berwarna putih polos. Ular weling memiliki gerakan yang sangat lincah. Dia seperti tidak takut dengan musuhnya. Saat merasa marah, ular ini akan diam. Jika dibandingkan dengan ular welang, postur tubuh ular weling lebih kecil.
Ular Welang (Bungarus fasciatus)
perbedaan-ular-welang-dan-weling.jpg
Ular welang merupakan jenis ular yang berbisa tinggi. Bisanya dapat melumpuhkan sistem pernapasan, jaringan syaraf, dan merusak otak. Ular ini memiliki tubuh yang berbentuk segi tiga. Bentuk ekornya tumpul seperti terpotong. Warna belang pada ular ini melingkar penuh sampai ke bagian bawah tubuh. Ular welang yang marah akan menyembunyikan kepala di balik badannya dan melakukan gerakan patah-patah. Gerakan ular ini sangat siaga terhadap kondisi di sekitarnya.
PERBEDAAN
Berikut ini perbedaan-perbedaan antara ular weling dan ular welang, di antaranya :
  1. Seluruh tubuh ular welang berwarna belang-belang hitam dan putih. Sedangkan ular weling memiliki warna belang-belang hanya separuh tubuhnya saja. Warna tubuh bagian bawah ular ini putih polos.
  2. Ular weling mempunyai bentuk penampang tubuh yang bulat. Berbeda dengan tubuh ulang welang yang berbentuk segi
  3. Ekor yang dimiliki oleh ular weling berbentuk runcing memanjang. Sementara itu, ular welang mempunyai ekor yang berbentuk tumpul seperti terpotong.
  4. Pada rentang usia yang sama, ular welang mempunyai postur tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan ular weling.
  5. Ular weling merupakan ular yang sangat lincah. Lain halnya dengan ular welang yang sering terlihat diam dan bersikap waspada terhadap kondisi di sekelilingnya.
  6. Pada saat marah, ular weling tiba-tiba akan diam dan memperhatikan musuhnya. Hal ini berbeda dengan ular welang yang berusaha menyembunyikan kepala di tubuhnya.



Demikianlah Artikel Ini Dia 6 Perbedaan Ular Weling dan Welang | JENIS PERBEDAAN

Sekianlah artikel Ini Dia 6 Perbedaan Ular Weling dan Welang | JENIS PERBEDAAN kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan artikel ini.

Subscribe to receive free email updates: