Secara Anatomi, Ini 6 Perbedaan Batang Dikotil dan Monokotil

Secara Anatomi, Ini 6 Perbedaan Batang Dikotil dan Monokotil - Apakah sahabat sedang mencari informasi tentang JENIS PERBEDAAN ?, Nah isi dalam Artikel ini disusun agar pembaca dapat memperluas pegetahuan tentang Secara Anatomi, Ini 6 Perbedaan Batang Dikotil dan Monokotil, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan referensi dari semua pembahasan untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel pendidikan, yang kami suguhkan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Secara Anatomi, Ini 6 Perbedaan Batang Dikotil dan Monokotil
link : Secara Anatomi, Ini 6 Perbedaan Batang Dikotil dan Monokotil

Baca juga


Secara Anatomi, Ini 6 Perbedaan Batang Dikotil dan Monokotil

Coba tebak, apa perbedaan batang dikotil dan monokotil jika dilihat secara anatomi? Seperti kita ketahui, berdasarkan karakteristik bijinya, tumbuh-tumbuhan dapat dikelompokkan menjadi dua macam yaitu tumbuhan berbiji keping satu (monokotil) dan tumbuhan berbiji keping dua (dikotil). Kedua kelompok tumbuhan tersebut memiliki perbedaan-perbedaan termasuk pada anatomi batangnya.

perbedaan-batang-dikotil-dan-monokotil.jpg

Penampang Batang Dikotil dan Monokotil

Nah, berikut ini adalah perbedaan-perbedaan yang dimiliki oleh batang dikotil dan batang monokotil. Di antaranya :

1. Bentuk Fisik

Faktor pertama yang membedakan batang monokotil dan dikotil adalah bentuk fisik tumbuh batang tanaman-tanaman tersebut. Batang monokotil tidak mempunyai cabang-cabang sama sekali. Berbeda dengan batang dikotil yang memiliki cabang dengan jumlah tertentu.

2. Pembuluh Angkut

Perbedaan kedua adalah karakteristik pembuluh angkut yang dimiliki oleh masing-masing tumbuhan ini. Pada tumbuhan monokotil, batangnya dilengkapi pembuluh angkut yang tersebar secara acak. Sementara pembuluh angkut pada tanaman dikotil berpola teratur dalam susunan lingkaran dan berseling radial.

3. Kambium Vaskuler

Kambium vaskuler adalah kambium yang berada di berkas pengangkutan yang berfungsi membentuk xilem dan floem sekunder. Batang monokotil tidak mengandung kambium vaskuler sehingga tidak bisa tumbuh membesar. Di sisi lain, batang dikotil memiliki kandungan kambium vaskuler dan memungkinkannya tumbuh membesar.

5. Meristem Interkalar

Meristem interkalar adalah salah satu jenis meristem yang terletak di antara jaringan meristem primer dan sekunder yang memungkin batang tumbuh memanjang secara cepat. Karena itu, meristem interkalar juga sering disebut meristem antara. Batang tanaman dikotil tidak mempunyai meristem interkalar. Sedangkan batang tanaman monokotil memilikinya.

5. Jari-jari Empulur

Jari-jari empulur adalah sisa-sisa empulur pada lapisan kayu yang berupa pita radial dari sekumpulan sel dan berguna sebagai alat transportasi nutrisi menuju ke radial. Batang dikotil disusun oleh jari-jari empulur berupa sederetan parenkim di antara berkas pengangkut. Sebaliknya, batang monokotil tidak mempunyai jari-jari empulur.

6. Korteks dan Empulur

Perbedaan terakhir dari batang dikotil dan monokotil adalah karakteristik yang dimiliki oleh korteks dan empulur yang menyusunnya. Pada batang dikotil, kita bisa dengan mudah mengetahui mana yang korteks dan mana pula yang empulur. Sedangkan pada batang monokotil, antara korteks dan empulur yang menyusunnya sangat sulit dibedakan.



Demikianlah Artikel Secara Anatomi, Ini 6 Perbedaan Batang Dikotil dan Monokotil

Sekianlah artikel Secara Anatomi, Ini 6 Perbedaan Batang Dikotil dan Monokotil kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan artikel ini.

Subscribe to receive free email updates: