Perbedaan-perbedaan antara Data dan Informasi

Perbedaan-perbedaan antara Data dan Informasi - Apakah sahabat sedang mencari informasi tentang JENIS PERBEDAAN ?, Nah isi dalam Artikel ini disusun agar pembaca dapat memperluas pegetahuan tentang Perbedaan-perbedaan antara Data dan Informasi, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan referensi dari semua pembahasan untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel pendidikan, yang kami suguhkan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Perbedaan-perbedaan antara Data dan Informasi
link : Perbedaan-perbedaan antara Data dan Informasi

Baca juga


Perbedaan-perbedaan antara Data dan Informasi

Data dan informasi merupakan istilah-istilah yang sangat akrab di dalam dunia sistem manajemen informatika. Secara garis besar, data adalah sekumpulan keterangan yang belum mempunyai arti sehingga perlu diolah agar membentuk suatu informasi. Sedangkan informasi adalah keterangan atau bahan yang bersifat nyata dan bisa dijadikan sebagai dasar kajian analisis atau kesimpulan.

perbedaan-data-dan-informasi.jpg

Lembaran Kertas

Pada prinsipnya, ada faktor-faktor yang membedakan data dan informasi. Di antaranya :

  1. Data adalah keterangan yang masih mentah sehingga perlu diolah agar bisa disampaikan ke calon penerima. Sedangkan informasi adalah keterangan yang sudah matang sehingga langsung bisa dijadikan sebagai landasan kesimpulan.
  2. Data belum mengandung arti yang jelas dan harus melalui proses pengolahan terlebih dahulu. Sebaliknya, informasi berisi keterangan yang telah sempurna dan bisa dipakai untuk acuan mengambil keputusan.
  3. Data bisa berwujud suatu simbol, gambar, keadaan, huruf, suara, angka, atau bahasa. Sementara wujud dari informasi adalah rangkaian data-data yang saling terhubung dan berkaitan.

Dari pernyataan-pernyataan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa data adalah keterangan mentah dan informasi adalah keterangan matang. Di dalam sebuah perusahaan, mereka yang menduduki jabatan menengah ke bawah bertugas untuk mengumpulkan data, seperti menghitung jumlah pegawai, memeriksa intensitas produksi, mengetahui hubungan dengan mitra, dan lain-lain. Sedangkan jabatan menengah ke atas bertugas menganalisa informasi dan membuat kesimpulan yang tepat.



Demikianlah Artikel Perbedaan-perbedaan antara Data dan Informasi

Sekianlah artikel Perbedaan-perbedaan antara Data dan Informasi kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan artikel ini.

Subscribe to receive free email updates: