6 Perbedaan Angin Puting Beliung dan Tornado

6 Perbedaan Angin Puting Beliung dan Tornado - Apakah sahabat sedang mencari informasi tentang JENIS PERBEDAAN ?, Nah isi dalam Artikel ini disusun agar pembaca dapat memperluas pegetahuan tentang 6 Perbedaan Angin Puting Beliung dan Tornado, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan referensi dari semua pembahasan untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Kehidupan, yang kami suguhkan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 6 Perbedaan Angin Puting Beliung dan Tornado
link : 6 Perbedaan Angin Puting Beliung dan Tornado

Baca juga


6 Perbedaan Angin Puting Beliung dan Tornado

Apa perbedaan antara angin puting beliung dan tornado? Kebanyakan orang awam masih mengira kalau angin puting beliung dan angin tornado itu sama. Biarpun keduanya sama-sama terbentuk dari awan Comolunimbus (CB), akan tetapi karakteristik perpusaran angin puting beliung dan tornado sangat berbeda.

perbedaan-angin-puting-beliung-dan-tornado.jpg

Angin Tornado

Catat perbedaan-perbedaan antara angin puting beliung dan tornado versi FarOF berikut ini :

  1. Angin puting beliung ditimbulkan oleh satu atau sebagian kecil awan berjenis Comolunimbus. Sementara itu, angin tornado disebabkan oleh puluhan awan Comolunimbus.
  2. Secara umum, kekuatan angin tornado lebih dasyat dan lebih kuat dibandingkan dengan angin puting beliung.
  3. Waktu pembentukan angin puting beliung relatif lebih singkat. Sedangkan pembentukan angin tornado membutuhkan waktu yang lama sampai lebih dari tiga hari.
  4. Lama berlangsungnya angin puting beliung juga relatif singkat, hanya beberapa menit saja. Tetapi angin tornado bisa berlangsung cukup lama hingga mencapai seminggu.
  5. Karena proses pembentukannya lama dan melewati tahap-tahap tertentu, maka kemunculan angin tornado bisa diprediksi. Di sisi lain, kemunculan angin puting beliung sulit diprediksi karena waktu pembentukan dan berlangsungnya pun sangat cepat.
  6. Angin tornado hanya bisa terjadi di hamparan yang sangat luas dan angin puting beliung bisa terjadi di manapun, termasuk di Indonesia.


Demikianlah Artikel 6 Perbedaan Angin Puting Beliung dan Tornado

Sekianlah artikel 6 Perbedaan Angin Puting Beliung dan Tornado kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan artikel ini.

Subscribe to receive free email updates: