6 Perbedaan Aki Basah dan Aki Kering

6 Perbedaan Aki Basah dan Aki Kering - Apakah sahabat sedang mencari informasi tentang JENIS PERBEDAAN ?, Nah isi dalam Artikel ini disusun agar pembaca dapat memperluas pegetahuan tentang 6 Perbedaan Aki Basah dan Aki Kering, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan referensi dari semua pembahasan untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Otomotif, yang kami suguhkan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 6 Perbedaan Aki Basah dan Aki Kering
link : 6 Perbedaan Aki Basah dan Aki Kering

Baca juga


6 Perbedaan Aki Basah dan Aki Kering

Pada sepeda motor, aki berfungsi sebagai sumber energi listrik untuk digunakan oleh komponen-komponen seperti starter, lampu, dan klakson. Terdapat dua jenis aki di pasaran, yaitu aki basah dan aki kering. Perbedaan paling mendasar adalah aki basah berisi cairan elektroda, sedangkan aki kering berisi gel elektroda.

perbedaan-aki-basah-dan-kering.jpg

Aki Kering

Di bawah ini perbedaan-perbedaan antara aki basah dan aki kering versi farOF selengkapnya :

  1. Aki basah menggunakan elektroda berwujud cairan, sementara elektroda aki kering berbentuk gel.
  2. Cairan elektroda pada aki basah mudah menguap dan cepat berkurang, sedangkan gel yang menguap pada aki kering akan diubah lagi wujudnya menjadi gel. Oleh sebab itu, tingkat keawetannya lebih tinggi.
  3. Apabila dirawat dengan benar, sebenarnya daya tahan aki basah bisa melampaui aki kering. Tetapi, kebanyakan orang merasa malas melakukan perawatan secara rutin, terutama mereka yang masih awam.
  4. Jika elektroda di dalamnya habis, aki basah bisa dengan mudah diisi ulang menggunakan air suling. Namun hal ini tidak bisa dilakukan pada aki kering, dengan kata lain bila elektrodanya habis maka aki harus diganti.
  5. Tingkat kesulitan perawatan aki kering jauh lebih mudah dibandingkan dengan aki basah. Bahkan, aki kering sering diklaim bebas perawatan.
  6. Harga aki kering lebih mahal karena aki ini merupakan pengembangan dari model aki basah.

Itulah tadi keenam faktor yang membedakan dari aki basah dan aki kering. Karena beriklim tropis, sebenarnya sepeda motor di Indonesia lebih baik menggunakan aki basah. Hal ini disebabkan kondisi lingkungan yang panas dapat meningkatkan penguapan cairan aki. Sedangkan, aki kering sebaiknya dipilih apabila anda tidak mau repot merawat aki tersebut.



Demikianlah Artikel 6 Perbedaan Aki Basah dan Aki Kering

Sekianlah artikel 6 Perbedaan Aki Basah dan Aki Kering kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan artikel ini.

Subscribe to receive free email updates: