Wah, Ini Perbedaan Laba-laba dan Tarantula!

Wah, Ini Perbedaan Laba-laba dan Tarantula! - Apakah sahabat sedang mencari informasi tentang JENIS PERBEDAAN ?, Nah isi dalam Artikel ini disusun agar pembaca dapat memperluas pegetahuan tentang Wah, Ini Perbedaan Laba-laba dan Tarantula!, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan referensi dari semua pembahasan untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Hobi, yang kami suguhkan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Wah, Ini Perbedaan Laba-laba dan Tarantula!
link : Wah, Ini Perbedaan Laba-laba dan Tarantula!

Baca juga


Wah, Ini Perbedaan Laba-laba dan Tarantula!

Kebanyakan orang menganggap bahwa laba-laba dan tarantula adalah binatang yang sama. Persepsi ini muncul lantaran bentuk karakteristik tubuh keduanya hampir mirip. Walaupun tarantula masih tergolong dalam keluarga theraphosidae, namun ternyata tidak semua spesies laba-laba bisa disebut sebagai tarantula lho.

perbedaan-laba-laba-dan-tarantula.jpg

Tarantula

Laba-laba

Laba-laba merupakan binatang yang termasuk dalam ordo Aranae di kelas Arthropoda. Tercatat, setidaknya ada 40.000 spesies laba-laba yang tersebar di muka bumi ini. Kekhasan pada laba-laba adalah memiliki bentuk tubuh yang terbagi menjadi dua bagian yaitu prosoma dan opisthosoma. Tidak semua laba-laba ditumbuhi bulu-bulu halus di tubuhnya, melainkan hanya spesies tertentu saja. Laba-laba mampu mengeluarkan benang-benang halus dari organ pemintal benang di perut yang berjumlah 6 buah. Selain sebagai tempat berlindung diri, beberapa spesies menggunakan jaring benangnya sekaligus sebagai perangkap mangsa. Sebagian besar laba-laba mampu menghasilkan racun yang sangat mematikan.

Lihat Juga : Ini Perbedaan Tabungan dan Deposito

Tarantula

Tarantula adalah salah satu spesies dari laba-laba. Secara fisik, bentuk dan tampilan binatang ini begitu mengerikan karena ditumbuhi bulu-bulu halus di sekujur tubuhnya. Beberapa spesies tarantula bahkan ada yang ditumbuhi duri-duri kecil pada bagian perut. Ada sekitar 900 spesies tarantula yang tersebar di muka bumi ini dan semuanya berukuran besar dengan panjang rata-rata 10 cm dan bobot maksimal 150 gram. Perbedaan utama tarantula dari spesies laba-laba yang lain adalah bagaimana cara binatang ini mendapatkan mangsanya. Tarantula tidak memanfaatkan benang jaring yang dihasilkannya sebagai perangkap, tetapi berburu secara langsung. Pintalan benang-benang hanya digunakan sebatas untuk membantu memanjat dan terjun dari ketinggian. Jumlah organ pemintalnya pun lebih sedikit, yakni berkisar 2-4 buah. Kepopuleran tarantula berkembang seiring dengan banyaknya masyarakat yang menjadikan tarantula sebagai hewan peliharaan.

Apa perbedaan antara laba-laba dan tarantula?

  1. Semua spesies tarantula adalah laba-laba, namun tidak semua spesies laba-laba adalah tarantula.
  2. Ukuran tubuh tarantula biasanya jauh lebih besar dan lebih panjang dibandingkan dengan spesies laba-laba yang lainnya.
  3. Beberapa spesies laba-laba ditumbuhi bulu-bulu halus di tubuhnya, sementara seluruh spesies tarantula diselimuti bulu-bulu halus di sekujur badannya.
  4. Ada spesies laba-laba yang merupakan herbivora yakni laba-laba pelompat Neotropical. Sedangkan semua spesies dari tarantula adalah binatang predator.
  5. Organ pemintal benang yang dimiliki oleh tarantula berjumlah 2-4 buah. Sebaliknya, ada beberapa spesies laba-laba yang mempunyai organ pemintal hingga sebanyak 6 buah.
  6. Mayoritas laba-laba memanfaatkan jaringnya sebagai perangkap mangsa. Tetapi tarantula justru menggunakannya sekadar sebagai tempat beristirahat dan berlindung. Tarantula mencari mangsa dengan metode berburu.
  7. Rata-rata umur laba-laba adalah 2 tahun. Sementara itu, tarantula bisa bertahan hidup sampai usianya lebih dari 5 tahun.
  8. Laba-laba merupakan binatang pengganggu rumah yang kehadirannya selalu tidak diinginkan karena bisa membuat lingkungannya terlihat kumuh dan kotor. Sementara itu, beberapa orang yang tertarik dengan tarantula tidak segan-segan memelihara binatang ini di rumah.


Demikianlah Artikel Wah, Ini Perbedaan Laba-laba dan Tarantula!

Sekianlah artikel Wah, Ini Perbedaan Laba-laba dan Tarantula! kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan artikel ini.

Subscribe to receive free email updates: