Perbedaan-perbedaan antara Kijang dan Rusa

Perbedaan-perbedaan antara Kijang dan Rusa - Apakah sahabat sedang mencari informasi tentang JENIS PERBEDAAN ?, Nah isi dalam Artikel ini disusun agar pembaca dapat memperluas pegetahuan tentang Perbedaan-perbedaan antara Kijang dan Rusa, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan referensi dari semua pembahasan untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Kehidupan, yang kami suguhkan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Perbedaan-perbedaan antara Kijang dan Rusa
link : Perbedaan-perbedaan antara Kijang dan Rusa

Baca juga


Perbedaan-perbedaan antara Kijang dan Rusa

Apabila dilihat secara sekilas, kijang dan rusa sepertinya tampak mirip sekali. Bulu tubuhnya berwarna cokelat, ukuran kakinya cukup jenjang, sama-sama pemakan tumbuh-tumbuhan, dan pejantan dari kedua hewan ini memiliki tanduk di kepalanya. Tahukah anda, hal ini dikarenakan kijang merupakan salah satu dari sekian banyak jenis rusa!

Nah, supaya anda bisa memahami perbedaan yang dimiliki kijang dan rusa secara mendalam, simak ulasan berikut ini terlebih dulu!

RUSA

perbedaan-kijang-dan-rusa.jpg

Rusa

Rusa adalah binatang mamalia pemamah biak yang memiliki antler/tanduk di kepalanya. Dalam klasifikasi ilmiah, rusa merupakan binatang dari Kerajaan Animalia, Filum Chordata, Kelas Mammalia, Ordo Artiodactyla, Upaordo Ruminantia, dan Famili Cervidae. Selanjutnya, Famili Cervidae bisa dibagi lagi menjadi empat sub famili yaitu Odocoilinae, Cervinae, Hydropotinae, dan Muntiacinae. Terdapat sekitar 34 jenis spesies rusa di dunia, dimana setidaknya 4 di antara rusa-rusa tersebut merupakan spesies rusa asli Indonesia yaitu kijang (Muntiacus muntjak), rusa bawean (Axis kuhli), rusa timor (Cervus timorensis), dan rusa sambar (Cervus unicolor).

KIJANG

kijang-dan-rusa.jpg

Kijang

Kijang adalah binatang mamalia pemamah biak dari keluarga Cervidae dan tergabung dalam genus Muntiacus. Kijang bisa tersebar di daratan sepanjang Asia Selatan hingga Asia Tenggara. Kijang pejantan mempunyai tanduk di kepalanya dan bisa tumbuh kembali jika patah. Di antara keempat jenis spesies rusa asli Indonesia, postur tubuh kijang berukuran paling kecil dibandingkan dengan rusa-rusa yang lainnya.

PERBEDAAN

Berikut ini perbedaan-perbedaan antara kijang dan rusa versi Farof antara lain :

  1. Kijang adalah salah satu jenis rusa.
  2. Ukuran tubuh kijang termasuk kecil di antara rusa-rusa yang lainnya.
  3. Tanduk kijang bercabang dua dan tanduk rusa secara umum bercabang tiga.
  4. Tanduk kijang berukuran lebih pendek ketimbang rusa-rusa yang lain.
  5. Tanduk kijang bisa tumbuh kembali apabila patah, sedangkan tanduk rusa cenderung tidak tumbuh kembali.
  6. Kijang mempunyai gigi taring yang panjang, sementara rusa-rusa tidak memiliki.


Demikianlah Artikel Perbedaan-perbedaan antara Kijang dan Rusa

Sekianlah artikel Perbedaan-perbedaan antara Kijang dan Rusa kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan artikel ini.

Subscribe to receive free email updates: