Ini Lho Bedanya Etika dan Etiket!

Ini Lho Bedanya Etika dan Etiket! - Apakah sahabat sedang mencari informasi tentang JENIS PERBEDAAN ?, Nah isi dalam Artikel ini disusun agar pembaca dapat memperluas pegetahuan tentang Ini Lho Bedanya Etika dan Etiket!, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan referensi dari semua pembahasan untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Kehidupan, yang kami suguhkan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Ini Lho Bedanya Etika dan Etiket!
link : Ini Lho Bedanya Etika dan Etiket!

Baca juga


Ini Lho Bedanya Etika dan Etiket!

Etika dan etiket merupakan aturan-aturan terkait nilai dan norma yang mengatur perbuatan yang harus dilakukan oleh manusia. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, etika adalah ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk. Dari sini bisa disimpulkan kalau etika berkaitan dengan sikap dan perilaku setiap orang agar bisa dikatakan beretika.

perbedaan-etika-dan-etiket.jpg

Ilustrasi

Kali ini Farof akan membahas tentang perbedaan antara etika dan etiket secara lengkap!

  1. Etika mengatur cara melakukan suatu perbuatan sekaligus memberikannya norma, contoh jangan mencuri baik memakai tangan kanan maupun tangan kiri. Etiket mengatur tata cara suatu perbuatan harus dilakukan, contoh memberikan sesuai harus memakai tangan kanan.
  2. Etika selalu berlaku dalam situasi apapun, baik saat sendiri maupun bersama orang lain. Misalnya tidak boleh membuang sampah sembarangan. Etiket hanya berlaku saat kita bersama orang lain, sedangkan ketika sendiri etiket tidak berlaku. Misalnya makan bersama sambil mengangkat kaki melanggar etiket, sedangkan jika makan sendiri sambil mengangkat kaki tidak melanggar etiket.
  3. Etika bersifat absolut artinya berlaku di tempat manapun, contohnya jangan membunuh dan jangan mencuri. Etiket bersifat relatif, artinya hal yang dianggap buruk bisa disebut baik di tempat lain, contohnya makan sambil bersendawa dan makan memakai tangan.
  4. Etika memandang seseorang dari dalam, misalnya gemar menolong orang lain. Etiket memandang seseorang dari luar, misalnya ramah.


Demikianlah Artikel Ini Lho Bedanya Etika dan Etiket!

Sekianlah artikel Ini Lho Bedanya Etika dan Etiket! kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan artikel ini.

Subscribe to receive free email updates: