Jelas! Ini Perbedaan Mesin 2 Tak dan Mesin 4 Tak

Jelas! Ini Perbedaan Mesin 2 Tak dan Mesin 4 Tak - Apakah sahabat sedang mencari informasi tentang JENIS PERBEDAAN ?, Nah isi dalam Artikel ini disusun agar pembaca dapat memperluas pegetahuan tentang Jelas! Ini Perbedaan Mesin 2 Tak dan Mesin 4 Tak, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan referensi dari semua pembahasan untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Otomotif, yang kami suguhkan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Jelas! Ini Perbedaan Mesin 2 Tak dan Mesin 4 Tak
link : Jelas! Ini Perbedaan Mesin 2 Tak dan Mesin 4 Tak

Baca juga


Jelas! Ini Perbedaan Mesin 2 Tak dan Mesin 4 Tak

Perlu diketahui, mesin sepeda motor 2 tak dan 4 tak memiliki perbedaan-perbedaan yang signifikan. Perbedaan yang paling mencolok terletak pada prinsip kerja mesin tersebut, di mana mesin 2 tak berkerja dengan dua langkah sedangkan mesin 4 tak berkerja dengan empat langkah. Untuk mengetahui beda sepeda motor 2 tak dan 4 tak secara jelas, simak uraian di bawah ini :

Mesin 2 Tak

mesin-dua-tak.jpg

Mesin 2 Tak

Mesin sepeda motor 2 tak adalah mesin yang proses pembakaran bahan bakarnya terjadi setiap dua langkah gerakan piston. Satu langkah gerakan piston menuju TMB (Titik Mati Bawah) terjadi pembuangan gas melalui dinding silinder. Berikutnya, satu langkah gerakan piston menuju TMA (Titik Mati Atas) terjadi pembakaran bahan bakar. Setelah itu, gerakan piston kembali bermula di langkah pertama.

Spesifikasi mesin sepeda motor 2 tak tidak mempunyai katup masuk dan katup buang. Mesin ini masih menggunakan oli samping dan oli bawah. Bentuk konstruksi mesinnya pun terbilang rumit sekali. Karena akselerasi yang dihasilkan lebih tinggi, mesin 2 tak cenderung boros bahan bakar. Untungnya, perawatan mesin ini jauh lebih mudah ketimbang mesin 4 tak.

Mesin 4 Tak

mesin-empat-tak.jpg

Mesin 4 Tak

Mesin sepeda motor 4 tak adalah mesin yang proses pembakaran bahan bakarnya terjadi setiap empat langkah gerakan piston. Satu langkah pertama piston menuju ke bawah untuk menghisap bahan bakar melalui klep masuk. Satu langkah kedua piston bergerak dari TMB ke TMA untuk melakukan kompresi. Satu langkah piston ketiga terjadi pembakaran di TMA. Satu langkah keempat piston bergerak ke klep buang untuk mengeluarkan gas sisa pembakaran. Setelah itu, gerakan piston dimulai lagi dari langkah pertama sampai dengan langkah keempat.

Konstruksi mesin sepeda motor 4 tak lebih sederhana dan tidak memakai oli samping. Struktur mesinnya dilengkapi dengan klep masuk dan klep buang. Karena akselerasinya relatif rendah, akibatnya mesin 4 tak hemat bahan bakar. Namun perawatan mesin ini cenderung lebih rumit dibandingkan dengan mesin 2 tak.



Demikianlah Artikel Jelas! Ini Perbedaan Mesin 2 Tak dan Mesin 4 Tak

Sekianlah artikel Jelas! Ini Perbedaan Mesin 2 Tak dan Mesin 4 Tak kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan artikel ini.

Subscribe to receive free email updates: