3 Perbedaan Penting antara Bit dan Bytes

3 Perbedaan Penting antara Bit dan Bytes - Apakah sahabat sedang mencari informasi tentang JENIS PERBEDAAN ?, Nah isi dalam Artikel ini disusun agar pembaca dapat memperluas pegetahuan tentang 3 Perbedaan Penting antara Bit dan Bytes, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan referensi dari semua pembahasan untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel bit, Artikel bytes, Artikel teknologi, yang kami suguhkan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 3 Perbedaan Penting antara Bit dan Bytes
link : 3 Perbedaan Penting antara Bit dan Bytes

Baca juga


3 Perbedaan Penting antara Bit dan Bytes

Seperti kita ketahui, di dalam ilmu komputer dikenal istilah bit dan byte. Faktanya, masih banyak orang yang belum bisa membedakan antara satuan bit dan byte. Sehingga tak jarang kita menemukan orang yang mengaku dibohongi akan layanan internet suatu provider, seakan layanan tersebut tidak sesuai dengan promonya.

perbedaan-bit-dan-bytes.jpg

Di bawah ini perbedaan bit dan byte yang harus anda ketahui!

1. Bit menyatakan kecepatan transfer, byte menyatakan kapasitas.

Bit, kilobits (Kbps), dan megabits (Mbps) adalah satuan untuk menyatakan rata-rata kecepatan transfer data. Artinya, satuan bit akan memberitahukan seberapa cepat kecepatan koneksi internet atau seberapa cepat pengunduhan data dilakukan. Sebagai contoh, ketika anda mendowload suatu file melalui kabel modem, kecepatan download komputer anda mungkin bisa mencapai 240 Kbps, lebih cepat dari sambungan kabel dial-up yang rata-rata 56 Kbps.

Sementara itu, bytes adalah satuan yang menunjukkan kapasitas penyimpanan data. Misalnya, sebuah CD dan DVD mampu menampung data sebesar 700 MB (megabytes) dan hard disk bisa mencapai 250 GB (gigabytes).

2. Bit disimbolkan b, bytes disimbolkan B

Perhatikan dengan seksama, ada perbedaan yang mencolok antara simbol yang digunakan untuk menyatakan bit dan bytes. Satuan bit disimbolkan dengan b (huruf b kecil). Sebaliknya, satuan bytes disimbolkan dengan B (huruf b besar).

Hal yang sama juga berlaku pada turunan-turunan dari kedua satuan ini. Yaitu Kb, Mb, Gb, dan Tb berbeda sekali dengan KB, MB, GB, dan TB. Perlu diketahui, kedua satuan di atas sudah menjadi standar internasional, sehingga tidak mungkin penggunaanya saling ditukar.

3. Satu bytes berisi delapan bit

Perbedaan yang paling penting adalah bahwa 1 bytes itu sama dengan 8 bit data. Oleh karenanya, ketika anda melihat suatu provider menjanjikan layanan internet berkecepatan 240 Kbps, maksudnya adalah kapasitas data yang sanggup ditransfer layanan tersebut mencapai 30 KB setiap detiknya bukan 240 KB.

Bagaimanapun, arti KBps (kilobytes per second) tidak bisa disetarakan dengan Kbps (kilobits per second) dalam hal kecepatan transfer data. Ingat, bytes adalah satuan yang menyatakan kapasitas bukan kecepatan. Itu sebabnya, dalam pemasaran suatu layanan internet, penggunaan Kbps lebih disukai ketimbang KBps. Hal ini disebabkan karena akan membuat koneksi internet yang ditawarkan seakan-akan terdengar delapan kali lebih cepat.



Demikianlah Artikel 3 Perbedaan Penting antara Bit dan Bytes

Sekianlah artikel 3 Perbedaan Penting antara Bit dan Bytes kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan artikel ini.

Subscribe to receive free email updates: