5 Perbedaan Jaringan Komputer Internet dan Intranet

5 Perbedaan Jaringan Komputer Internet dan Intranet - Apakah sahabat sedang mencari informasi tentang JENIS PERBEDAAN ?, Nah isi dalam Artikel ini disusun agar pembaca dapat memperluas pegetahuan tentang 5 Perbedaan Jaringan Komputer Internet dan Intranet, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan referensi dari semua pembahasan untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel materi internet dan intranet, Artikel pengertian internet dan intranet, Artikel perbedaan internet dan intranet, Artikel sejarah internet dan intranet, Artikel teknologi, yang kami suguhkan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 5 Perbedaan Jaringan Komputer Internet dan Intranet
link : 5 Perbedaan Jaringan Komputer Internet dan Intranet

Baca juga


5 Perbedaan Jaringan Komputer Internet dan Intranet

Istilah internet dan intranet sama-sama umum digunakan untuk menyebut komputer yang saling terhubung satu sama lain membentuk suatu jaringan. Meskipun banyak orang yang menganggap kedua tipe jaringan ini sama, kenyataannya ada perbedaan-perbedaan yang mencolok dari internet dan intranet. Apa sajakah itu?

perbedaan-antara-internet-dan-intranet.jpg

Ilustri Jaringan Internet dan Intranet

1. Sifat

Internet merupakan jaringan komputer yang bersifat publik dan terbuka untuk umum. Jadi, orang lain dapat bergabung dan mengakses layanan yang ada di internet secara bebas. Kebalikannya, intranet adalah jaringan komputer yang didesain secara khusus untuk kelompok tertentu. Biasanya, akses pada layanan intranet ini dilindungi oleh password untuk menjaga privasinya.

2. Aksesibilitas

Pada umumnya, internet terdiri dari beberapa jaringan intranet yang saling terhubung. Hal ini memungkinkan anda bisa mengakses layanan internet dari kelompok intranet milik komputer anda. Sedangkan, meskipun layanan intranet juga bisa diakses lewat internet, namun risiko rusaknya privasi jaringan intranet tergolong tinggi. Oleh karena itu, akses ke intranet biasanya dilakukan secara langsung tanpa melewati perantara internet.

3. Jumlah Pengguna

Internet juga bisa diibaratkan sebagai suatu jaringan di mana seluruh komputer di dunia ini saling terhubung. Itu sebabnya, jumlah pengguna layanan internet tidak terbatas. Siapapun bebas masuk ke dalam jaringan internet ini. Berbeda dengan intranet, karena bersifat pribadi, jaringan ini hanya menghubungkan beberapa komputer yang sudah dikonfirmasi sebelumnya.

4. Jumlah Pengakses

Keberadaannya yang menghubungkan seluruh komputer di dunia menjadikan jumlah pengakses internet tidak terhitung jumlahnya. Jaringan ini bisa melayani komputer secara unlimited pada suatu waktu yang bersamaan. Sementara itu, kebanyakan jumlah pengakses jaringan intranet tergolong kecil. Komputer yang bertindak sebagai administrator bisa mengatur berapa jumlah koneksi yang bisa terhubung pada suatu waktu, termasuk mengijinkan dan memblokir layanan jaringan dari komputer yang dikehendaki.

5. Informasi dan Layanan

Informasi dan layanan yang ada di jaringan internet tidak terhitung jumlahnya. Anda bisa menemukan berbagai layanan yang beranekaragam mulai dari video, teks, gambar, permainan, dan lain sebagainya. Sedangkan informasi yang ditawarkan oleh jaringan intranet umumnya bersifat spesifik. Sebagai contoh jaringan intranet yang ada di kantor biasanya melayani pertukaran data dan berbagi hardware, ada juga jaringan intranet yang hanya melayani games ataupun layanan chatting.



Demikianlah Artikel 5 Perbedaan Jaringan Komputer Internet dan Intranet

Sekianlah artikel 5 Perbedaan Jaringan Komputer Internet dan Intranet kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan artikel ini.

Subscribe to receive free email updates: