Ini Perbedaan antara Virus dan Bakteri

Ini Perbedaan antara Virus dan Bakteri - Apakah sahabat sedang mencari informasi tentang JENIS PERBEDAAN ?, Nah isi dalam Artikel ini disusun agar pembaca dapat memperluas pegetahuan tentang Ini Perbedaan antara Virus dan Bakteri, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan referensi dari semua pembahasan untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel bakteri, Artikel kesehatan, Artikel virus, yang kami suguhkan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Ini Perbedaan antara Virus dan Bakteri
link : Ini Perbedaan antara Virus dan Bakteri

Baca juga


Ini Perbedaan antara Virus dan Bakteri

Apa perbedaan antara bakteri dan virus? Bagaimana keduanya bisa bertahan hidup dan berkembang biak? Apakah bakteri dan virus sama-sama berbahaya bagi kehidupan manusia?

perbedaan-bakteri-dan-virus.jpg

Bakteri dan Virus

Mengenal Bakteri dan Virus

Bakteri adalah organisme bersel satu yang bisa bertahan hidup secara mandiri. Oleh karena itu, bakteri bisa dimatikan dengan mengganggu fungsi metabolisme tubuhnya dengan antibiotik. Perlu diketahui, kebanyakan bakteri berjenis kelamin jantan dan mereka berkembang biak dengan cara membelah diri.

Bakteri mampu menyebabkan infeksi pneumonia, sistitis, dan keracunan makanan. Walaupun begitu, tidak semua bakteri bersifat merugikan. Ada banyak sekali bakteri-bakteri baik yang justru menguntungkan dan membantu melindungi tubuh kita dari berbagai penyakit.

Sementara itu, virus tidak mempunyai sel, tidak memiliki sistem metabolisme, dan tidak bisa bertahan hidup sendiri. Virus termasuk ke dalam rantai DNA (bahan genetik) dan memerlukan sel inang agar bisa bertahan hidup.

Virus bisa menempel di pintu, jendela, lemari, dan permukaan-permukaan bidang lainnya. Ketika kulit anda menyentuh permukaan tersebut, virus akan terserap keringat dan masuk ke tubuh melalui sel-sel kulit. Inilah yang menyebabkan anda terserang pilek dan flu. Perlu diketahui bahwa antibiotik tidak berguna untuk melawan virus, melainkan anda butuh antivirus untuk meningkatkan kekebalan sel tubuh atau mengganggu reproduksi virus tersebut.

Dari uraian di atas, bisa diambil kesimpulan bahwa perbedaan-perbedaan antara bakteri dan virus adalah sebagai berikut :

  1. Bakteri merupakan organisme sederhana yang memiliki sel tunggal, sedangkan virus tidak mempunyai sel apapun dan hidup di sel inangnya.
  2. Ukuran bakteri lebih besar jika dibandingkan dengan ukuran virus.
  3. Bakteri jahat mengganggu aktifitas sel lainnya, sementara virus menyerang suatu sel dari dalam dan mengambil alih kendali sel inangnya.
  4. Bakteri menyebabkan infeksi pada sistem pertahan tubuh seperti pneumonia, miningitis, dan diare, sedangkan virus menyebabkan penyakit seperti flu, sakit tenggorokan, dan sakit perut.
  5. Penyembuhan infeksi oleh bakteri bisa dilakukan dengan menggunakan bantuan antibiotik, sementara penyakit yang disebabkan oleh virus dapat diobati dengan antivirus.


Demikianlah Artikel Ini Perbedaan antara Virus dan Bakteri

Sekianlah artikel Ini Perbedaan antara Virus dan Bakteri kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan artikel ini.

Subscribe to receive free email updates: