3 Perbedaan Utama Cek dan Giro

3 Perbedaan Utama Cek dan Giro - Apakah sahabat sedang mencari informasi tentang JENIS PERBEDAAN ?, Nah isi dalam Artikel ini disusun agar pembaca dapat memperluas pegetahuan tentang 3 Perbedaan Utama Cek dan Giro, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan referensi dari semua pembahasan untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel pendidikan, yang kami suguhkan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 3 Perbedaan Utama Cek dan Giro
link : 3 Perbedaan Utama Cek dan Giro

Baca juga


3 Perbedaan Utama Cek dan Giro

Cek dan giro sama-sama merupakan warkat kliring yang dapat digunakan sebagai alat transaksi. Jadi ketika anda berjualbeli burung lovebird, anda bisa memanfaatkan alat-alat pembayaran ini. Secara fisik, bentuk keduanya hampir mirip yaitu berupa secarik kertas yang berisi informasi-informasi tertentu. Namun berdasarkan fungsi dan kegunaannya, antara cek dan giro merupakan dua alat pembayaran yang berbeda.

perbedaan-cek-dan-giro.jpg

Contoh Cek

Ingin tahu apa perbedaan cek dan giro?

1. Sifat

Jika dilihat dari segi sifatnya, cek setara dengan tanda terima uang. Jadi pemegang cek bisa menerima sejumlah dana dari rekening pemberi cek di bank tertentu dalam bentuk tunai. Sedangkan giro adalah tanda pemindahan uang. Jadi pemegang giro bisa memindahkan sejumlah dana dari rekening pembuat giro di bank tertentu dalam bentuk transfer ke rekening tabungan miliknya.

2. Fungsi dan Kegunaan

Baik cek maupun giro, keduanya sama-sama berfungsi sebagai alat pembayaran yang sah dalam skala nasional. Bedanya cek bisa digunakan apabila penerima menghendaki pembayaran dalam bentuk tunai. Sehingga uang pencairan cek dapat langsung dimanfaatkan segera. Sedangkan giro lebih baik dipilih ketika penerima menginginkan pembayaran melalui pemindahan dana antar akun rekening yang dinilai lebih aman.

3. Tanggal Terbit dan Tanggal Efektif

Tanggal terbit adalah tanggal ketika diterbitkannya cek dan giro oleh rekening pemberi. Sementara tanggal efektif adalah tanggal ketika dana bisa dipindahbukukan oleh penerima, tanggal efektif biasa disebut juga tanggal jatuh tempo. Pada cek, tanggal terbit dan tanggal efektifnya sama. Ini berarti ketika suatu cek dibuat oleh pemberi cek, maka pada saat itu juga dana di cek bisa langsung diambil. Sedangkan pada giro, antara tanggal terbit dan tanggal efektifnya bisa dibuat sama ataupun berbeda sesuai kesepakatan antara pemberi dan penerima. Perlu diketahui bahwa masa kadaluwarsa cek dan giro adalah 6 bulan dari tanggal terbit.

Jadi sudah jelas kan perbedaan antara cek dan giro? Jangan keliru lagi ya!



Demikianlah Artikel 3 Perbedaan Utama Cek dan Giro

Sekianlah artikel 3 Perbedaan Utama Cek dan Giro kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan artikel ini.

Subscribe to receive free email updates: