Apa Perbedaan Kabel UTP dan Kabel STP?

Apa Perbedaan Kabel UTP dan Kabel STP? - Apakah sahabat sedang mencari informasi tentang JENIS PERBEDAAN ?, Nah isi dalam Artikel ini disusun agar pembaca dapat memperluas pegetahuan tentang Apa Perbedaan Kabel UTP dan Kabel STP?, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan referensi dari semua pembahasan untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel teknologi, yang kami suguhkan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Apa Perbedaan Kabel UTP dan Kabel STP?
link : Apa Perbedaan Kabel UTP dan Kabel STP?

Baca juga


Apa Perbedaan Kabel UTP dan Kabel STP?

Pernahkah anda bertanya-tanya apakah perbedaan kabel UTP dan kabel STP? Kabel adalah kawat yang berfungsi sebagai penghantar arus listrik yang dibungkus karet atau plastik. Kebanyakan kabel terbuat dari tembaga karena memiliki nilai hambatan yang kecil dan mudah didapatkan.

Dalam proses pembuatan jaringan komputer, kita membutuhkan kabel sebagai media perantara. Adapun kabel yang dipakai adalah berjenis kabel UTP dan kabel STP. Perbedaan utamanya terletak pada pelindungnya, di mana kabel STP dilengkapi pelindung alumunium sedangkan kabel UTP tidak dilengkapi.

Kabel UTP

perbedaan-kabel-utp-dan-kabel-stp.jpg

Kabel UTP

Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) adalah kabel berpilin yang tidak mempunyai selubung pelindung. Di dalam setiap kabel UTP memiliki empat pasang kabel yang terdiri dari putih orange, orange, putih hijau, hijau, putih biru, biru, putih cokelat, dan cokelat. Samsat saat ada 7 macam kabel UTP mulai dari kabel UTP CAT-1 sampai kabel UTP CAT-7 yang memiliki kecepatan transfer data berbeda-beda. Konektor yang dapat dipasang untuk kabel UTP adalah RJ-11 dan RJ-45

Kabel STP

perbedaan-kabel-stp.jpg

Kabel STP

Kabel STP (Shielded Twisted Pair) adalah kabel berpilin yang mempunyai dua pembungkus pada masing-masing kabelnya. Sebuah kabel STP selalu memiliki 4 buah kawat tembaga di dalamnya.

Dari uraian di atas, perbedaan-perbedaan kabel UTP dan kabel STP antara lain :

  1. Kabel UTP memiliki diameter yang lebih kecil dibandingkan dengan kabel STP.
  2. Berbeda dengan kabel STP yang dilengkapi dua pelindung, kabel UTP tidak.
  3. Instalasi kabel UTP relatif lebih mudah daripada kabel STP karena ukurannya lebih tipis.
  4. Kabel UTP mudah dipengaruhi radiasi medan magnet dan voltase yang tinggi, sedangkan kabel STP sukar karena dilapisi pelindung.
  5. Harga kabel UTP lebih murah ketimbang kabel STP dalam ukuran yang sama.
  6. Kabel UTP cocok diaplikasi di dalam ruangan, sementara kabel STP adalah pilihan terbaik untuk dipasang di luar ruangan.


Demikianlah Artikel Apa Perbedaan Kabel UTP dan Kabel STP?

Sekianlah artikel Apa Perbedaan Kabel UTP dan Kabel STP? kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan artikel ini.

Subscribe to receive free email updates: