Apakah Perbedaan dari Kalimat Aktif dan Kalimat Pasif?

Apakah Perbedaan dari Kalimat Aktif dan Kalimat Pasif? - Apakah sahabat sedang mencari informasi tentang JENIS PERBEDAAN ?, Nah isi dalam Artikel ini disusun agar pembaca dapat memperluas pegetahuan tentang Apakah Perbedaan dari Kalimat Aktif dan Kalimat Pasif?, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan referensi dari semua pembahasan untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel pendidikan, yang kami suguhkan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Apakah Perbedaan dari Kalimat Aktif dan Kalimat Pasif?
link : Apakah Perbedaan dari Kalimat Aktif dan Kalimat Pasif?

Baca juga


Apakah Perbedaan dari Kalimat Aktif dan Kalimat Pasif?

Bahasa Indonesia mengenal kalimat aktif dan kalimat pasif. Perbedaan utama dari kedua pola susunan kata ini adalah pada keberadaan subyeknya. Di mana, kalimat aktif adalah kalimat yang subyeknya melakukan pekerjaan. Sedangkan kalimat pasif adalah kalimat yang subyeknya dikenai pekerjaan.

Kalimat Aktif

perbedaan-kalimat-aktif.jpg

Ikan

Kalimat aktif adalah suatu kalimat di mana subjek bertindak sebagai pelaku atas pekerjaan yang dijelaskan pada predikat kepada objek. Ciri-ciri kalimat aktif adalah predikatnya menggunakan awalan me- atau ber- sehingga otomatis subjek melakukan predikat. Contohnya ialah Ibu memasak opor di dapur; Ayah memancing ikan di laut; Saya bermain sepakbola di lapangan.

Kalimat Pasif

kalimat-pasif.jpg

Buah Apel

Kalimat pasif adalah kalimat di mana subjeknya dikenai pekerjaan yang dijelaskan pada predikat. Penanda dari kalimat pasif terletak pada predikat yang memakai awalan di- atau ter-. Misalnya yaitu Jus apel di kulkas diambil adik; Telur dimasak kakak menjadi opor telur; Lampu kamar mandi dinyalakan Bayu saat malam.

Kesimpulan

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa kalimat aktif berisi subjek melakukan pekerjaan dan kalimat pasif berisi subjek dikenai pekerjaan. Untuk mempermudah anda mengenali perbedaan dari kedua kalimat ini, perhatikan predikatnya dengan seksama. Predikat kalimat aktif selalu menggunakan awalan me- atau ber-, sementara predikat kalimat pasif memakai awalan di- atau ter-.



Demikianlah Artikel Apakah Perbedaan dari Kalimat Aktif dan Kalimat Pasif?

Sekianlah artikel Apakah Perbedaan dari Kalimat Aktif dan Kalimat Pasif? kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan artikel ini.

Subscribe to receive free email updates: