3 Perbedaan Bunga Sempurna dan Bunga Tidak Sempurna

3 Perbedaan Bunga Sempurna dan Bunga Tidak Sempurna - Apakah sahabat sedang mencari informasi tentang JENIS PERBEDAAN ?, Nah isi dalam Artikel ini disusun agar pembaca dapat memperluas pegetahuan tentang 3 Perbedaan Bunga Sempurna dan Bunga Tidak Sempurna, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan referensi dari semua pembahasan untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel pendidikan, yang kami suguhkan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 3 Perbedaan Bunga Sempurna dan Bunga Tidak Sempurna
link : 3 Perbedaan Bunga Sempurna dan Bunga Tidak Sempurna

Baca juga


3 Perbedaan Bunga Sempurna dan Bunga Tidak Sempurna

Bunga adalah bagian tumbuhan yang akan menjadi buah. Umumnya, bunga berwarna elok dan memilki aroma yang harum. Di beberapa daerah, bunga biasanya disebut kembang.

Berdasarkan morfologinya, bunga bisa dibedakan menjadi 2 macam yaitu bunga sempurna dan bunga tidak sempurna. Bunga sempurna/lengkap adalah bunga yang mempunyai benang sari dan putik. Sedangkan bunga tidak sempurna/tidak lengkap ialah bunga yang hanya memiliki benang sari atau putik saja.

Perlu diketahui, benang sari merupakan alat kelamin jantan pada bunga suatu tanaman. Sementara itu, putik berperan sebagai alat kelamin betina yang terdapat di bunga.

Contoh tanaman yang memiliki bunga sempurna antara lain jambu, mangga, mawar, kamboja, matahari, dan anggrek. Serta contoh tanaman yang mempunyai bunga tidak sempurna yaitu kelapa, kelapa sawit, enau, aren, salak, dan jagung.

perbedaan-bunga.jpg

Di bawah ini perbedaan-perbedaan antara bunga sempurna dan bunga tidak sempurna versi Farof :

1. Jenis Kelamin

Bunga sempurna selalu mempunyai benang sari dan putik. Oleh karena itu, bunga sempurna dikenal pula dengan istilah bunga banci atau bunga hermaphroditus karena memiliki dua alat kelamin sekaligus. Sebaliknya, jenis kelamin bunga tidak sempurna selalu jelas. Tanaman yang ditumbuhi bunga berbenang sari disebut tanaman jantan, sementara bila ditumbuhi bunga berputik dinamakan tanaman betina.

2. Kecerahan Warna

Ciri-ciri bunga sempurna ialah warnanya tampak cerah dan mencolok. Hal ini berguna untuk menarik hati serangga agar membantu proses penyerbukan. Di sisi lain, warna bunga tidak sempurna agak kusam dan tidak begitu menarik.

3. Kandungan Nektar

Kekhasan bunga sempurna yang lain adalah mengandung nektar yang cukup banyak. Hal ini juga mendorong para serangga untuk melakukan penyerbukan bunga. Sebaliknya, bunga tidak sempurna mengandung nektar yang lebih sedikit.



Demikianlah Artikel 3 Perbedaan Bunga Sempurna dan Bunga Tidak Sempurna

Sekianlah artikel 3 Perbedaan Bunga Sempurna dan Bunga Tidak Sempurna kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan artikel ini.

Subscribe to receive free email updates: