Perbedaan Batik Tulis, Batik Cetak, dan Batik Sablon

Perbedaan Batik Tulis, Batik Cetak, dan Batik Sablon - Apakah sahabat sedang mencari informasi tentang JENIS PERBEDAAN ?, Nah isi dalam Artikel ini disusun agar pembaca dapat memperluas pegetahuan tentang Perbedaan Batik Tulis, Batik Cetak, dan Batik Sablon, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan referensi dari semua pembahasan untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Kehidupan, yang kami suguhkan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Perbedaan Batik Tulis, Batik Cetak, dan Batik Sablon
link : Perbedaan Batik Tulis, Batik Cetak, dan Batik Sablon

Baca juga


Perbedaan Batik Tulis, Batik Cetak, dan Batik Sablon

Batik merupakan warisan leluhur bangsa Indonesia yang begitu berharga. Karya seni rupa yang satu ini memang terlihat sangat indah. Jadi jangan heran apabila batik bisa dibuat menjadi beragam kreasi sebab batik memang memiliki pesona yang berbeda daripada lainnya.

perbedaan-batik-tulis-cap.jpg

Berdasarkan teknik pembuatannya, ada 3 macam batik yaitu batik tulis, batik cap, dan batik sablon. Apakah perbedaan dari ketiga jenis batik tersebut?

1. Batik Tulis

Sesuai namanya, batik tulis dibuat dengan menuliskan cairan malam ke kain membentuk pola-pola tertentu. Alat bantu yang dipakai untuk menuliskan batik ini dinamakan canting. Karena prosesnya rumit dan melewati beberapa tahapan yang panjang, pembuatan batik tulis membutuhkan tenaga terampil dan bisa memakan waktu selama berbulan-bulan. Itu sebabnya, harga batik tulis sangatlah mahal. Kelebihan dari batik tulis adalah motifnya yang detail dan rapi, serta dibuat di kedua sisi permukaan kain.

2. Batik Cap

Pembuatan batik cap dilakukan memakai bantuan alat cap yang disebut canting cap. Canting ini terbuat dari lempengan tembaga yang memiliki motif tertentu di dalamnya dengan prinsip kerja mirip seperti stempel. Oleh karena itu, waktu yang diperlukan untuk membikin batik cap relatif lebih cepat. Sayangnya karena kualitasnya kurang terkontrol, harga batik cap jauh lebih murah daripada batik tulis.

3. Batik Sablon

Batik sablon dibuat menggunakan mesin printing yang biasa dipakai untuk mencetak kaos sablon konvensional. Jadi waktu yang diperlukan dalam sekali cetakan pun terbilang cepat sekali. Pembuatan batik sablon juga sama sekali tidak menggunakan malam, melainkan bahan yang dipakai ialah pasta yang telah dicampur pewarna. Di pasaran, harga batik printing dijual dengan bandrol yang paling murah ketimbang batik tulis dan batik cap.



Demikianlah Artikel Perbedaan Batik Tulis, Batik Cetak, dan Batik Sablon

Sekianlah artikel Perbedaan Batik Tulis, Batik Cetak, dan Batik Sablon kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan artikel ini.

Subscribe to receive free email updates: