Perbedaan Telur Ayam Kampung dan Telur Ayam Negeri

Perbedaan Telur Ayam Kampung dan Telur Ayam Negeri - Apakah sahabat sedang mencari informasi tentang JENIS PERBEDAAN ?, Nah isi dalam Artikel ini disusun agar pembaca dapat memperluas pegetahuan tentang Perbedaan Telur Ayam Kampung dan Telur Ayam Negeri, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan referensi dari semua pembahasan untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Aneka, yang kami suguhkan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Perbedaan Telur Ayam Kampung dan Telur Ayam Negeri
link : Perbedaan Telur Ayam Kampung dan Telur Ayam Negeri

Baca juga


Perbedaan Telur Ayam Kampung dan Telur Ayam Negeri

Masyarakat Indonesia pada umumnya mengenal dua macam ayam yaitu ayam kampung dan ayam negeri. Ayam kampung adalah sebutan untuk ayam lokal yang biasanya dipelihara secara umbaran. Sedangkan ayam negeri merupakan ayam ras yang diternakkan sebagai ayam petelur dan dipelihara di dalam kandang. Ayam negeri dikenal juga dengan nama ayam horn.

Uniknya meskipun sama-sama ayam, kedua jenis ayam ini dapat menghasilkan telur yang memiliki wujud berbeda. Perbedaan ini mencakup bagian cangkang telur, warna isinya, ukuran, dan kandungan nutrisinya. Kira-kira apa sajakah itu?

telur-ayam-kampung-negeri.jpg

Telur Ayam Kampung

Rata-rata telur ayam kampung mempunyai ukuran yang terbilang kecil. Kekhasan dari telur ini terletak pada cangkangnya yang cukup halus dan berwarna putih krem. Jika cangkang tersebut dipecah, maka akan tampak bagian kuning telur yang berwarna jingga kemerahan. Telur ayam kampung dikenal sebagai sumber nutrisi hewani yang bagus karena banyak mengandung protein dan vitamin A. Karena jumlahnya di pasar sedikit dengan permintaan yang tinggi, harga telur ini pun relatif mahal.

Telur Ayam Negeri

Ayam negeri atau ayam horn memiliki cangkang yang berwarna coklat tua sampai coklat muda dengan ukuran yang tergolong cukup besar. Warna bagian kuning pada telur ini juga tampak kuning mulus. Jika diraba, tekstur cangkang kulitnya terasa agak kasar. Rasa telur ayam ras tidak begitu amis karena kandungan proteinnya tidak terlalu tinggi.

KESIMPULAN

Kesimpulannya, perbedaan-perbedaan antara telur ayam kampung dan ayam negeri antara lain :

  1. Ukuran rata-rata telur ayam negeri lebih besar dibandingkan dengan telur ayam kampung.
  2. Cangkang telur ayam kampung berwarna putih dan cangkang telur ayam negeri berkelir coklat.
  3. Cangkang telur ayam kampung bertekstur halus, sebaliknya tekstur cangkang telur ayam negeri agak kasar.
  4. Bagian kuning telur pada ayam kampung berwarna jingga, sedangkan pada ayam negeri warnanya kuning.
  5. Telur ayam kampung mengandung protein dan vitamin A yang lebih banyak dibandingkan telur ayam negeri.
  6. Harga telur ayam kampung juga lebih mahal ketimbang ayam negeri.


Demikianlah Artikel Perbedaan Telur Ayam Kampung dan Telur Ayam Negeri

Sekianlah artikel Perbedaan Telur Ayam Kampung dan Telur Ayam Negeri kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan artikel ini.

Subscribe to receive free email updates: