4 Perbedaan Sistem Operasi 32 bit dan 64 bit | JENIS PERBEDAAN

4 Perbedaan Sistem Operasi 32 bit dan 64 bit | JENIS PERBEDAAN - Apakah sahabat sedang mencari informasi tentang JENIS PERBEDAAN ?, Nah isi dalam Artikel ini disusun agar pembaca dapat memperluas pegetahuan tentang 4 Perbedaan Sistem Operasi 32 bit dan 64 bit | JENIS PERBEDAAN, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan referensi dari semua pembahasan untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel perbedaan, yang kami suguhkan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 4 Perbedaan Sistem Operasi 32 bit dan 64 bit | JENIS PERBEDAAN
link : 4 Perbedaan Sistem Operasi 32 bit dan 64 bit | JENIS PERBEDAAN

Baca juga


4 Perbedaan Sistem Operasi 32 bit dan 64 bit | JENIS PERBEDAAN

JENIS PERBEDAAN -
Kita sering melihat komputer yang berbasis sistem operasi 32 bit dan 64 bit. Demikian juga saat hendak menginstal suatu software di komputer, software tersebut membutuhkan OS minimal apakah 32 bit atau 64 bit. Jadi apakah maksud sistem operasi 32 bit dan 64 bit ini? Apa pula perbedaan antara kedua sistem operasi tersebut? Artikel kali ini Farof akan membahas tentang sistem operasi 32 bit dan 64 bit secara lengkap beserta perbedaannya.
Bit adalah satuan yang dipakai untuk menunjukkan ukuran data di dalam prosesor yang dialirkan ke tempat penyimpanan informasi sementara (registry database). Setiap bit terdiri atas dua nilai dasar komputasi yakni 0 dan 1. Sehingga sistem operasi 32 bit memiliki kapasitas sampai 64 nilai komputasi. Berbeda dengan sistem operasi 64 bit yang mempunyai kapasitas jauh lebih besar hingga mencapai 256 nilai komputasi.
sistem-operasi-32-64-bit.jpg
Sistem Operasi 32 bit
Sistem operasi 32 bit umumnya mendukung banyak software, khususnya software lama untuk pengguna komputer lawas. Berbagai driver hardware lama pun didukung dengan baik oleh sistem operasi yang satu. Meskipun dukungan RAM-nya hanya 2 GB, tetapi sistem operasi ini sudah dapat dinilai mampu bekerja secara optimal. Dengan keterbatasannya ini pula, OS 32 bit tidak bisa menjalankan software berat seperti edit video, render, atau pembuatan animasi.
Sistem Operasi 64 bit
Sistem operasi 64 bit memiliki keunggulan utama yakni kompatibel dengan RAM ukuran besar hingga 192 GB sehingga mampu membuat kinerja prosesor menjadi lebih optimal. Hal ini juga yang membuat komputer dengan OS 64 bit bisa dipakai untuk melakukan pekerjaan berat seperti editting video, bermain game next-gen, membuat animasi, dan sebagainya. Sistem operasi 64 bit juga secara otomatis mendukung semua software yang kompatibel dengan OS 32 bit.
PERBEDAAN
Perbedaan-perbedaan antara sistem operasi 32 bit dan sistem operasi 64 bit di antaranya :
  • Sistem operasi 32 bit hanya bisa menggunakan RAM berkapasitas maksimal 4 GB dengan kapasitas optimal antara 1-2 GB. Jika Anda memasang RAM dengan kapasitas lebih dari 4 GB, sistem ini hanya akan mendeteksi 4 GB saja. Berbeda dengan sistem operasi 64 bit yang mampu membaca kapasitas RAM maksimal sampai 192 GB.
  • Sistem operasi 32 bit hanya sanggup memproses data sebesar 64 nilai komputasi di dalam sekali siklus pemrosesan data. Sedangkan sistem operasi 64 bit mampu memproses data hingga ukurannya 256 nilai komputasi tiap siklus pemrosesan data.
  • Kemampuan sistem operasi 32 bit dan 64 bit dalam bekerja pun berbeda. Sistem operasi 32 bit hanya bisa digunakan untuk pekerjaan standar yang tidak memerlukan banyak sumber daya seperti mengetik, bermain game old-gen, memutar file multimedia, dan lain-lain. Sementara itu, kemampuan sistem operasi 64 bit lebih hebat karena bisa melakukan pekerjaan yang berat. Misalnya seperti melakukan render, membuat animasi, bermain game new-gen, mengedit video, dan sebagainya.
  • Ada suatu fitur keamanan yang hanya dipunyai oleh sistem operasi 64 bit, sedangkan sistem operasi 32 bit tidak memilikinya. Fitur keamanan tersebut bernama patchguard. Kegunaan fitur patchguard ini adalah mencegah virus atau malware yang berusaha mengubah setting kernel pada komputer. Dengan adanya fitur ini, maka komputer Anda lebih aman.


Demikianlah Artikel 4 Perbedaan Sistem Operasi 32 bit dan 64 bit | JENIS PERBEDAAN

Sekianlah artikel 4 Perbedaan Sistem Operasi 32 bit dan 64 bit | JENIS PERBEDAAN kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan artikel ini.

Subscribe to receive free email updates: