Apa sih Perbedaan Ikan Sarden dan Ikan Makarel? | JENIS PERBEDAAN

Apa sih Perbedaan Ikan Sarden dan Ikan Makarel? | JENIS PERBEDAAN - Apakah sahabat sedang mencari informasi tentang JENIS PERBEDAAN ?, Nah isi dalam Artikel ini disusun agar pembaca dapat memperluas pegetahuan tentang Apa sih Perbedaan Ikan Sarden dan Ikan Makarel? | JENIS PERBEDAAN, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan referensi dari semua pembahasan untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel perbedaan, yang kami suguhkan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Apa sih Perbedaan Ikan Sarden dan Ikan Makarel? | JENIS PERBEDAAN
link : Apa sih Perbedaan Ikan Sarden dan Ikan Makarel? | JENIS PERBEDAAN

Baca juga


Apa sih Perbedaan Ikan Sarden dan Ikan Makarel? | JENIS PERBEDAAN

JENIS PERBEDAAN -
Ikan sarden dan ikan makarel paling sering digunakan sebagai bahan baku pembuatan ikan kalengan. Kedua ikan ini sama-sama memiliki manfaat yang bagus bagi manusia karena gizi yang terkandung di dalamnya sangat melimpah. Di antaranya seperti kalsium, zat besi, omega 3, yodium, vitamin, dan protein. Diketahui bahwa omega 3 khususnya sangat baik untuk mendukung perkembangan otak pada anak dan membantu mengurangi risiko penyakit jantung.
Begitu pula dengan kalsium yang bagus untuk mendukung pertumbuhan kesehatan tulang dan gigi, zat besi untuk membantu mencegah anemia, yodium untuk mencegah penyakit kelenjar thyroid (gondok), vitamin untuk mendukung kesehatan, serta protein yang baik untuk perkembangan dan pertumbuhan sel-sel di dalam tubuh. Oleh karena itu, tidak sedikit masyarakat Indonesia yang sudah akrab dengan ikan sarden dan ikan makarel.
perbedaan-ikan-sarden.jpg
Gambar Ikan Sarden
perbedaan-ikan-makarel.jpg
Gambar Ikan Makarel
Tapi tahukah Anda kalau ikan sarden itu berbeda dengan ikan makarel? Berikut ini perbedaan-perbedaan antara ikan sarden dan ikan makarel :
  1. Jenisnya Berbeda
Ikan sarden pada umumnya hidup di perairan Laut Mediterania. Ikan ini termasuk ke dalam famili Clupeidae. Ikan sarden biasanya hidup secara bergerombol dalam jumlah yang cukup besar. Ikan ini cenderung hidup di permukaan air laut. Sementara itu, ikan makarel adalah ikan yang umumnya hidup di perairan Laut Atlantik. Ikan ini tergolong dalam famili Scombridae. Artinya ikan makarel masih berkerabat dekat dengan ikan tenggiri dan ikan kembung. Biasanya ikan ini hidup di perairan laut dalam. Bahkan ikan makarel diketahui mampu hidup di kedalaman 1.000 meter.
  1. Bentuknya Berbeda
Ikan sarden adalah ikan yang berukuran cukup kecil. Tubuh ikan ini tak bisa membesar meskipun usianya semakin bertambah. Di sekujur badan ikan sarden juga ditutupi oleh lapisan sisik tipis berwarna perak dengan daging yang berwarna gelap. Sedangkan bagian punggung ikan ini berwarna hijau atau biru. Hal ini berbeda dengan ikan makarel yang memiliki tubuh ramping memajang, cukup besar, dan terdapat garis-garis berwarna hitam di bagian kanan dan kiri tubuhnya. Beberapa spesies ikan makarel bisa tumbuh menjadi lebih besar seperti makarel sirip hiu atau makarel sirip biru. Ikan makarel juga tidak mempunyai lapisan sisik layaknya ikan sarden.
  1. Harganya Berbeda
Umumnya harga ikan makarel lebih mahal dibandingkan ikan sarden. Salah satu faktor yang menjadi penyebabnya yaitu menangkap ikan makarel lebih sulit dilakukan. Para nelayan membutuhkan upaya yang lebih keras untuk menangkap ikan ini karena biasa hidup di lingkungan perairan dalam. Berbeda dengan proses penangkapan ikan sarden yang bisa dilakukan dengan lebih mudah. Penyebabnya tidak lain karena ikan sarden ini biasa hidup secara bergerombol di permukaan air.



Demikianlah Artikel Apa sih Perbedaan Ikan Sarden dan Ikan Makarel? | JENIS PERBEDAAN

Sekianlah artikel Apa sih Perbedaan Ikan Sarden dan Ikan Makarel? | JENIS PERBEDAAN kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan artikel ini.

Subscribe to receive free email updates: