7 Perbedaan Router dengan Modem, Ini Dia! | JENIS PERBEDAAN

7 Perbedaan Router dengan Modem, Ini Dia! | JENIS PERBEDAAN - Apakah sahabat sedang mencari informasi tentang JENIS PERBEDAAN ?, Nah isi dalam Artikel ini disusun agar pembaca dapat memperluas pegetahuan tentang 7 Perbedaan Router dengan Modem, Ini Dia! | JENIS PERBEDAAN, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan referensi dari semua pembahasan untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel perbedaan, yang kami suguhkan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 7 Perbedaan Router dengan Modem, Ini Dia! | JENIS PERBEDAAN
link : 7 Perbedaan Router dengan Modem, Ini Dia! | JENIS PERBEDAAN

Baca juga


7 Perbedaan Router dengan Modem, Ini Dia! | JENIS PERBEDAAN

JENIS PERBEDAAN -
Saat ini internet telah menjadi salah satu kebutuhan dasar bagi masyarakat. Bukan sekadar media hiburan semata, internet berhasil membuat pekerjaan kita menjadi lebih mudah. Hal ini menuntut penggunaan internet setiap hari. Ada bermacam-macam perangkat yang dapat mendukung kelancaran dalam berinternet. Dua di antaranya yaitu router dan modem. Kedua perangkat ini jelas berbeda, baik dari segi kinerja maupun fungsionalitasnya.
Namun router dan modem mempunyai persamaan yaitu sama-sama dapat digunakan untuk mendukung supaya komuter dapat tersambung ke jaringan internet. Seiring dengan berjalan waktu, kini sudah banyak tersedia produk router serta modem yang memiliki berbagai merek. Pemilihannya tentu harus didasarkan pada kebutuhan Anda. Router dan modem yang sesuai dengan kebutuhan Anda adalah perangkat yang paling tepat.
Pada kesempatan kali ini, kami akan mencoba menerangkan tentang perbedaan-perbedaan antara router dengan modem.
Router
perbedaan-router.jpg
Router merupakan perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa komputer sekaligus agar terkoneksi dengan internet. Router sangat penting digunakan khususnya pada jaringan LAN sehingga koneksi internet bisa diatur dengan baik. Jadi fungsi utama router ialah menentukan rute masing-masing titik di dalam jaringan sehingga trafik data keseluruhan jaringan tetap berjalan lancar. Router akan membagi-bagikan jaringan internet ke setiap komputer dengan porsi yang tepat. Kini router sudah memiliki port ethernet yang memungkinkannya bisa langsung disambungkan dengan modem.
Modem
perbedaan-modem.jpg
Modem adalah perangkat yang berfungsi untuk membuat koneksi ke jaringan internet. Anda bisa mengakses internet berkat adanya modem. Perkembangan teknologi modem kini semakin canggih. Anda tinggal menyambungkan perangkat ini saja ke komputer, HP, atau tablet maka bakal langsung terkoneksi ke internet. Ada dua jenis modem menurut peletakannya yaitu modem internal dan modem eksternal. Modem internal sudah tertanam di dalam CPU. Tetapi pengguna lebih suka modem eksternal karena pemakaiannya yang lebih praktis. Harganya pun lebih terjangkau daripada modem internal.
Perbedaan
Adapun perbedaan antara router dan modem yaitu :
  1. Modem berfungsi untuk menghubungkan perangkat ke internet. Sedangkan router berguna untuk membagi-bagikan internet ke setiap perangkat.
  2. Modem mempunyai 2 layer. Berbeda dengan router yang memiliki 3 layer.
  3. Router adalah perangkat jaringan. Tetapi modem sudah termasuk perangkat jaringan internet.
  4. Router bekerja dengan mengarahkan data menuju ke jaringan. Lain halnya dengan modem yang menerima dan mengirimkan data.
  5. Jumlah perangkat yang bisa dilayani oleh router lebih banyak daripada modem.
  6. Router sudah dilengkapi dengan sistem keamanan. Sayangnya modem tidak memilikinya.
  7. Modem dipakai untuk menyambungkan komputer ke internet. Namun router bisa digunakan di dalam jaringan LAN tanpa internet.



Demikianlah Artikel 7 Perbedaan Router dengan Modem, Ini Dia! | JENIS PERBEDAAN

Sekianlah artikel 7 Perbedaan Router dengan Modem, Ini Dia! | JENIS PERBEDAAN kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan artikel ini.

Subscribe to receive free email updates: