Ini Perbedaan Band Indie dan Band Label Bro ‘n Sis! | JENIS PERBEDAAN

Ini Perbedaan Band Indie dan Band Label Bro ‘n Sis! | JENIS PERBEDAAN - Apakah sahabat sedang mencari informasi tentang JENIS PERBEDAAN ?, Nah isi dalam Artikel ini disusun agar pembaca dapat memperluas pegetahuan tentang Ini Perbedaan Band Indie dan Band Label Bro ‘n Sis! | JENIS PERBEDAAN, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan referensi dari semua pembahasan untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel perbedaan, yang kami suguhkan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Ini Perbedaan Band Indie dan Band Label Bro ‘n Sis! | JENIS PERBEDAAN
link : Ini Perbedaan Band Indie dan Band Label Bro ‘n Sis! | JENIS PERBEDAAN

Baca juga


Ini Perbedaan Band Indie dan Band Label Bro ‘n Sis! | JENIS PERBEDAAN

JENIS PERBEDAAN -
Apa artinya hidup tanpa musik? Lewat suara yang dihasilkannya, musik membuat kehidupan kita menjadi lebih berwarna. Suasana perasaan kita bisa dimainkan dengan apik oleh alunan musik yang merdu. Anda yang ingin merasa lebih senang, gembira, dan bersemangat cukup dengarkan saja musik yang memiliki irama cepat. Sedangkan bila Anda ingin lebih menghayati suasana, musik yang berirama pelan bisa digunakan untuk menemani.
Orang-orang yang menciptakan musik biasanya tergabung dalam sebuah band. Band adalah kumpulan musisi yang memiliki maksud dan tujuan yang sama. Berdasarkan sifatnya, band dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu band indie dan band label. Band indie merupakan band yang bergerak sendiri dan bersifat bebas/merdeka (independence). Sebaliknya band label adalah band yang berada di bawah naungan perusahaan label.
band-indie-band-label.jpg
Lantas, apa sih bedanya band indie dengan band label?
Band Indie
Indie merupakan kata pelesetan dari independence yang artinya kebebasan dan kemerdekaan. Yang dimaksud kemerdekaan/kebebasan di sini tentu saja dalam berkarya di bidang musik. Jadi band indie akan mengusung musik yang benar-benar mereka sukai, murni tanpa adanya campur tangan oleh pihak lain, terutama dari para pembisnis di industri musik. Kelihatannya memang sangat menarik, tetapi band indie harus siap berjuang sendiri.
Yap, band indie secara garis besar membutuhkan perjuangan yang jauh lebih berat daripada band-band di dalam label. Terutama saat perjuangan di awal kariernya. Untuk memproduksi musik saja, band indie ini harus mengeluarkan biaya yang sangat banyak karena semua aspek yang dibutuhkan dalam pembuatan musik tersebut ditanggung sendiri. Namun karena dana yang tersedia terbatas, mereka biasanya akan berpikir kreatif guna menyiasatinya.
Di sini bukan berarti band indie tidak mampu, pelit, atau tidak mau mengeluarkan uang yang banyak loh ya. Tetapi lebih ke arah perhitungan untung ruginya. Bagaimana pun pemusik pasti mengharapkan keuntungan dari karyanya, bukan sekedar kecintaan saja. Tetapi faktanya band indie hampir selalu merugi di awal kariernya. Kemampuan band tersebut dalam bertahan di industri musik yang membuatnya lama-kelamaan semakin populer.
Band Label
Pada intinya, band label itu adalah band yang berada di dalam naungan suatu label perusahaan musik. Jadi band ini memiliki kontrak perjanjian dengan perusahaan yang sifatnya mengikat. Keuntungan utama menjadi band label ialah semua kebutuhan dalam band akan dibantu oleh pihak perusahaan. Mulai dana pembuatan musik, ide-ide, dan promosi semuanya bakal didampingi oleh perusahaan oleh orang-orang profesional yang bekerja di sana.
Oleh sebab itu, wajar sekali bila band label ini mudah dikenal oleh masyarakat luas. Semua hal yang dibutuhkan oleh band akan disediakan oleh perusahaan label semaksimal mungkin. Tentu tidak sembarang band bisa diterima oleh perusahaan. Bagaimana pun juga perusahaan akan mencari band yang kelihatannya menguntungkan baginya. Selain itu, tidak ada jaminan bahwa band label pasti bisa sukses atau terkenal. Hal ini kembali lagi ke kualitas band tersebut dan penerimaan masyarakat.
Perbedaan
Faktor utama yang membedakan antara band indie dan band label terletak pada manajemen di dalamnya. Band indie itu ibarat seorang wirausahawan. Band indie bebas berbuat apapun. Band ini akan membiayai seluruh produksinya sendiri dari mulai pembuatan lagu, packaging album, promosi, dan operasional lainnya. Band indie memang membutuhkan perjuangan yang jauh lebih keras dan peluang terkenalnya lebih rendah, tetapi kepuasan hati yang dirasakan lebih tinggi sebab tidak terkekang oleh apapun.
Sementara itu, band label ibarat seorang karyawan yang bekerja di perusahaan. Pekerjaan band label ditujukan untuk perusahaan label tempatnya bernaung. Sudah pasti ada perjanjian yang dibuat dengan pihak label. Musik yang akan diusung pun harus disepakati terlebih dulu oleh perusahaan. Namun kelebihan menjadi band label adalah semua pekerjaan akan dibantu tim khusus. Anda tidak akan kerepotan dalam melakukan pekerjaan selain bermusik. Dana yang Anda butuhkan pun bakal mengalir deras selama band milik Anda memberi keuntungan bagi perusahaan tentunya.


Demikianlah Artikel Ini Perbedaan Band Indie dan Band Label Bro ‘n Sis! | JENIS PERBEDAAN

Sekianlah artikel Ini Perbedaan Band Indie dan Band Label Bro ‘n Sis! | JENIS PERBEDAAN kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan artikel ini.

Subscribe to receive free email updates: