Tiga Perbedaan Gergaji Potong dan Gergaji Belah

Tiga Perbedaan Gergaji Potong dan Gergaji Belah - Apakah sahabat sedang mencari informasi tentang JENIS PERBEDAAN ?, Nah isi dalam Artikel ini disusun agar pembaca dapat memperluas pegetahuan tentang Tiga Perbedaan Gergaji Potong dan Gergaji Belah, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan referensi dari semua pembahasan untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Pertukangan, yang kami suguhkan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Tiga Perbedaan Gergaji Potong dan Gergaji Belah
link : Tiga Perbedaan Gergaji Potong dan Gergaji Belah

Baca juga


Tiga Perbedaan Gergaji Potong dan Gergaji Belah

Apakah perbedaan antara gergaji potong dan gergaji belah? Gergaji adalah besi tipis bergigi tajam yang berfungsi untuk memotong dan membelah kayu. Sebagai peralatan yang dapat digunakan untuk membantu pekerjaan pertukangan, gergaji dapat dengan mudah dijumpai toko perkakas atau toko bangunan. Harga yang ditawarkan biasanya mulai dari Rp 20-100 ribu tergantung kualitasnya.

Tahukah Anda, ternyata gergaji dapat dibedakan menjadi dua jenis menurut kegunaannya. Di antaranya yaitu gergaji potong dan gergaji belah. Gergaji potong pada dasarnya diperuntukkan untuk keperluan memotong kayu. Begitu pula dengan gergaji belah, gergaji ini sengaja dibuat untuk membantu pekerjaan pembelahan kayu.

Jadi, apa sih bedanya kedua gergaji ini?

gergaji-potong-dan-belah.jpg

Gergaji Potong

Gergaji potong adalah gergaji yang memiliki mata berbentuk ramping dengan arah ketajaman satu sisi ke depan dan satu sisi ke belakang. Gergaji ini memang sangat bagus dipakai untuk memotong kayu. Memotong artinya membagi dengan arah yang tegak lurus dengan arah serat kayu. Gergaji ini bekerja dengan prinsip pemotongan yang menyerupai pisau.

Gergaji potong cocok sekali digunakan untuk memotong kayu karena dapat menghasilkan potongan yang presisi sehingga ukuran potongannya pun tidak berkurang banyak. Misalnya jika Anda memotong kayu sepanjang 100 m menjadi 5 potongan, hasilnya adalah potongan-potongan kayu yang berukuran 19,99 cm. Berbeda jika memotong kayu menggunakan gergaji belah, Anda mungkin akan kehilangan kayu hingga sepanjang 0,1 cm.

Gergaji Belah

Gergaji belah adalah gergaji yang mempunyai mata yang lebih lebar ke samping. Arah ketajaman mata gergaji ini juga berbeda-beda. Gergaji ini hanya cocok diterapkan untuk membagi sesuai arah serat kayu. Prinsip kerja gergaji belah sangat mirip dengan tatah.

Gergaji belah paling baik digunakan untuk pekerjaan membelah kayu. Kenapa? Hal ini disebabkan karena gergaji belah dapat menghasilkan belahan yang lurus. Sayangnya gergaji ini sulit digunakan untuk memotong kayu. Kalau pun dipaksakan, akibatnya ukuran potongan kayu akan banyak yang terbuang.

Perbedaan

Dari uraian singkat di atas, Anda pasti sudah dapat menyimpulkan kalau perbedaan antara gergaji potong dengan gergaji belah yaitu :

  1. Gergaji potong digunakan untuk keperluan pemotongan atau membagi dengan arah yang tegak lurus dengan arah serat. Sedangkan gergaji belah dipakai untuk pekerjaan pembelahan yaitu membagi sesuai arah serat.
  2. Gergaji potong mempunyai mata yang berbentuk ramping. Tetapi mata yang dimiliki oleh gergaji belah berbentuk melebar ke samping.
  3. Arah ketajaman mata gergaji potong yakni satu sisi ke depan dan satu sisi ke belakang. Namun gergaji belah mempunyai arah ketajaman mata yang berbeda-beda.


Demikianlah Artikel Tiga Perbedaan Gergaji Potong dan Gergaji Belah

Sekianlah artikel Tiga Perbedaan Gergaji Potong dan Gergaji Belah kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan artikel ini.

Subscribe to receive free email updates: