Inilah Bedanya Gunung dan Bukit

Inilah Bedanya Gunung dan Bukit - Apakah sahabat sedang mencari informasi tentang JENIS PERBEDAAN ?, Nah isi dalam Artikel ini disusun agar pembaca dapat memperluas pegetahuan tentang Inilah Bedanya Gunung dan Bukit, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan referensi dari semua pembahasan untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Pengetahuan, yang kami suguhkan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Inilah Bedanya Gunung dan Bukit
link : Inilah Bedanya Gunung dan Bukit

Baca juga


Inilah Bedanya Gunung dan Bukit

Apakah perbedaan antara gunung dan bukit? Berdasarkan pengertian dari KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), bukit adalah tumpukan tanah yang lebih tinggi daripada tempat sekelilingnya. Bukit lebih rendah daripada gunung. Sedangkan gunung yaitu bukit yang sangat besar dan tinggi. Biasanya tinggi gunung mencapai lebih dari 600 m.

Perbukitan dapat diartikan sebagai daerah yang berbukit-bukit dengan relief yang besar yang ketinggiannya kurang dari 600 m. Arti pegunungan yaitu tempat yang bergunung-gunung (terdiri atas gunung-gunung). Adapun contoh perbukitan antara lain Bukit Pasai, Bukit Minangkabau, Bukit Kerinci, Bukit Lebong, Bukit Sumedang, Bukit Kidul, Bukit Meratus, dan Bukit Luwu. Sementara contoh gunung di antaranya Gunung Merapi, Gunung Krakatau, Gunung Slamet, Gunung Tangkuban Perahu, Gunung Bromo, Gunung Sindoro, Gunung Gamalama, dan Gunung Kelud.

perbedaan-gunung-dan-bukit.jpg

Gunung

Gunung adalah bagian dari permukaan bumi yang menjulang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah-daerah di sekitarnya. Gunung biasanya berbentuk lebih tinggi dan lebih curam daripada bukit. Gunung terbentuk dari gerakan tektonik lempeng, gerakan orogenik, dan gerakan epeirogenik. Kumpulan atau barisan gunung disebut pegunungan.

Ada 3 jenis tipe gunung yang utama yaitu gunung api, gunung lipatan, dan gunung patahan. Iklim di pegunungan menjadi lebih dingin setiap naiknya ketinggian. Gunung yang paling tinggi di Indonesia ialah Puncak Jaya, Papua. Di beberapa daerah, gunung juga dinamakan dengan istilah gunong, deleng, dolok,wagir, meru, bulu, keli, nga, atau olat.

Bukit

Bukit adalah bentang alam yang mempunyai permukaan tanah yang lebih tinggi daripada permukaan tanah di sekelilingnya. Bukit selalu memiliki ketinggian yang lebih rendah dibandingkan dengan gunung. Rangkaian bukit yang berjajar di suatu daerah yang cukup luas dikenal sebagai perbukitan.

Perbedaan

Pada dasarnya, gunung dan bukit sama-sama merupakan daerah di mana permukaan tanahnya lebih tinggi daripada sekitarnya. Perbedaan yang mendasar antara keduanya hanya terletak pada faktor ketinggiannya. Gunung selalu mempunyai ketinggian lebih dari 600 m dpl. Sedangkan ketinggian bukit kurang dari 600 m dpl. Jadi secara otomatis gunung lebih tinggi daripada bukit.



Demikianlah Artikel Inilah Bedanya Gunung dan Bukit

Sekianlah artikel Inilah Bedanya Gunung dan Bukit kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan artikel ini.

Subscribe to receive free email updates: