Inilah Perbedaan antara Kata dan Istilah

Inilah Perbedaan antara Kata dan Istilah - Apakah sahabat sedang mencari informasi tentang JENIS PERBEDAAN ?, Nah isi dalam Artikel ini disusun agar pembaca dapat memperluas pegetahuan tentang Inilah Perbedaan antara Kata dan Istilah, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan referensi dari semua pembahasan untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Pengetahuan, yang kami suguhkan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Inilah Perbedaan antara Kata dan Istilah
link : Inilah Perbedaan antara Kata dan Istilah

Baca juga


Inilah Perbedaan antara Kata dan Istilah

Apakah perbedaan antara kata dan istilah? Baik kata maupun istilah sama-sama sering kita dengar setiap hari. Namun tahukah Anda, apakah kedua unsur bahasa tersebut mempunyai pengertian yang sama? Dan apabila tidak, apa saja perbedaan-perbedaan yang dimiliki oleh keduanya?

Berdasarkan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), kata adalah 1. unsur bahasa yang diucapkan atau dituliskan yang merupakan perwujudan kesatuan perasaan dan pikiran yang dapat digunakan dalam berbahasa; 2. ujar, bicara; 3. morfem atau kombinasi morfem oleh bahasawan yang dianggap sebagai satuan terkecil yang dapat diujarkan sebagai bentuk yang bebas; satuan bahasa yang dapat berdiri sendiri dan terjadi dari morfem tunggal. Kata juga dapat diterjemahkan sebagai satuan kumpulan bunyi bahasa terkecil yang mengandung makna.

perbedaan-kata-dan-istilah.jpg

Sementara itu, pengertian istilah menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah 1. kata atau gabungan kata yang dengan cermat mengungkapkan makna, konsep, proses, keadaan, atau sifat yang khas dalam bidang tertentu; 2. sebutan, nama; 3. kata atau ungkapan khusus. Menurut Basuki (1995: 23), suatu istilah bersifat internasional dan mempunyai konsep universal dalam ilmu yang bersangkutan.

Kata

Di dalam bahasa indonesia, dikenal dua bentuk kata yaitu kata dasar dan kata jadian. Kata dasar/tunggal adalah kata yang dihasilkan dari metode mofgologis derivasi zero. Sedangkan kata jadian merupakan kata bentukan yang dihasilkan dari proses morfologis. Pada dasarnya, pembentukan kata turunan dengan imbuhan harus mengikuti kaidah-kaidah kebahasaan yang telah ditetapkan.

Istilah

Istilah merupakan kata atau frasa yang dipakai sebagai nama atau lambang yang dengan cermat mengungkapkan makna, konsep, proses, ataupun keadaan. Terdapat dua macam istilah yakni istilah umum dan istilah khusus. Persyaratan istilah yang santun serta baik dan benar antara lain istilah yang dipilih adalah kata/frasa yang paling tepat menggambarkan makna yang termaksud, paling singkat di antara pilihan yang mempunyai rujukan sama, memiliki nilai konotasi yang baik, enak didengar (eufonik), dan sesuai dengan kaidah-kaidah dalam bahasa indonesia.

Perbedaan

Perbedaan antara kata dan istilah terletak pada jumlah makna yang terkandung di dalamnya. Suatu kata selalu mempunyai makna yang banyak. Contohnya adalah saya, garis, bapak, dua, rumah, dan lain-lain. Berbeda dengan istilah yang selalu memiliki satu makna saja. Misalnya yaitu atom, embrio, serum, grafik, dan sebagainya. Jadi kini Anda sudah tahu kan bedanya kata dan makna?



Demikianlah Artikel Inilah Perbedaan antara Kata dan Istilah

Sekianlah artikel Inilah Perbedaan antara Kata dan Istilah kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan artikel ini.

Subscribe to receive free email updates: