Catat! 3 Perbedaan Sarana dan Prasarana

Catat! 3 Perbedaan Sarana dan Prasarana - Apakah sahabat sedang mencari informasi tentang JENIS PERBEDAAN ?, Nah isi dalam Artikel ini disusun agar pembaca dapat memperluas pegetahuan tentang Catat! 3 Perbedaan Sarana dan Prasarana, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan referensi dari semua pembahasan untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Kehidupan, yang kami suguhkan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Catat! 3 Perbedaan Sarana dan Prasarana
link : Catat! 3 Perbedaan Sarana dan Prasarana

Baca juga


Catat! 3 Perbedaan Sarana dan Prasarana

Di dalam kehidupan sehari-hari kita tentu pernah mendengar tentang sarana dan prasarana. Yap, kedua kata ini merupakan pendukung suatu kegiatan dan berpengaruh besar terhadap keberhasilan aktivitas tersebut. Tapi tahukah anda, apakah perbedaan antara sarana dan prasarana?

perbedaan-sarana-dan-prasarana.jpg

Jalan Raya

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), sarana adalah segala sesuatu yang dapat dipakai sebagai alat dalam mencapai maksud atau tujuan. Sarana juga bisa diartikan sebagai syarat, upaya, dan sebagainya. Sedangkan definisi prasarana menurut KBBI adalah sesuatu yang merupakan penunjang utama terselenggaranya suatu proses.

Sarana

Secara singkat, sarana merupakan alat pendukung suatu kegiatan. Sarana berfungsi untuk menciptakan kemudahan dan kenyamanan untuk mencapai maksud/tujuan. Ciri-ciri khusus dari sarana bersifat portabel dan mudah dipindah-pindahkan. Contoh-contohnya antara lain meja, kursi, komputer, buku, pensil, pulpen, cangkul, sabit, termometer, penggaris, gergaji, mobil, sepeda motor, bis, taksi, kereta api, pesawat, sajadah, mukena, sarung, dan lain-lain.

Prasarana

Secara singkat, prasarana adalah fasilitas pendukung suatu kegiatan. Prasarana berhubungan langsung dengan usaha, pembangunan, dan proyek. Ciri-ciri prasana yaitu sulit dipindah-pindahkan karena dapat menimbulkan dampak yang luas. Sebagai contoh dari prasarana di antaranya jalan, rambu-rambu, lampu lalu lintas, sekolah, halaman, lahan, parit, pabrik, gedung, kantor, taman lapangan, masjid, mushola, kantor polisi, rumah sakit, pasar, dan sebagainya.

Perbedaan

Dari penjelasan di atas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat tiga perbedaan yang dimiliki antara sarana dan prasarana yaitu :

  1. Sarana adalah alat pendukung dan prasarana merupakan fasilitas pendukung suatu kegiatan.
  2. Sarana berpengaruh terhadap kemudahan dan kenyamanan, sedangkan prasarana berhubungan dengan usaha dan pembangunan untuk mencapai maksud/tujuan.
  3. Sarana bersifat portabel, tetapi prasarana sukar dipindah-pindahkan.

Demikian artikel dari Farof kali ini dan semoga membantu Anda!



Demikianlah Artikel Catat! 3 Perbedaan Sarana dan Prasarana

Sekianlah artikel Catat! 3 Perbedaan Sarana dan Prasarana kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan artikel ini.

Subscribe to receive free email updates: