3 Perbedaan Kolenkim dan Sklerenkim pada Jaringan Tumbuhan

3 Perbedaan Kolenkim dan Sklerenkim pada Jaringan Tumbuhan - Apakah sahabat sedang mencari informasi tentang JENIS PERBEDAAN ?, Nah isi dalam Artikel ini disusun agar pembaca dapat memperluas pegetahuan tentang 3 Perbedaan Kolenkim dan Sklerenkim pada Jaringan Tumbuhan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan referensi dari semua pembahasan untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel pendidikan, yang kami suguhkan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 3 Perbedaan Kolenkim dan Sklerenkim pada Jaringan Tumbuhan
link : 3 Perbedaan Kolenkim dan Sklerenkim pada Jaringan Tumbuhan

Baca juga


3 Perbedaan Kolenkim dan Sklerenkim pada Jaringan Tumbuhan

Kolenkim dan sklerenkim merupakan jaringan tumbuhan yang berfungsi sebagai penguat (stereon). Artinya kegunaan jaringan ini adalah untuk menguatkan bagian tumbuh pada tanaman. Berkat kolenkim dan sklerenkim, batang tumbuhan bisa berdiri dengan tegak.

perbedaan-kolenkim-dan-sklerenkim.jpg

Ilustrasi

Baik kolenkim maupun sklerenkim juga sama-sama berperan dalam menguatkan daun dan melindungi biji (embrio) tumbuhan. Kedua jaringan ini berfungsi pula untuk memperkuat jaringan parenkim dalam menyimpan udara serta melindungi berkas pengangkut. Selain itu, antara kolenkim dan sklerenkim juga sama-sama mengalami penebalan.

Kolenkim

Kolenkim ialah jaringan pada tumbuhan muda atau bagian tumbuhan yang lunak. Kolenkim terbentuk oleh sel-sel memanjang yang menyerupai sel prokambium, di mana penyusun paling banyak dari dinding sel tersebut berupa senyawa selulosa. Sebab terkandung di bagian tumbuhan muda yang masih melakukan pembelahan sel, kolenkim tidak mempunyai dinding sekunder sehingga tidak mengganggu proses pertumbuhan. Kolenkim juga memiliki protoplas aktif yang mencegah penebalan dinding sel ketika sel membelah, contohnya saat sel menanggapi luka dan membentuk kambium gabus.

Sklerenkim

Sklerenkim dapat ditemuka pada bagian-bahan tanaman sudah tidak melakukan proses pertumbuhan dan perkembangan. Jaringan sklerenkim terdiri atas dua macam yaitu sklereid (sel batu) dan serabut/serat. Sel sklerenkim dilindungi oleh dinding primer dan dinding sekunder yang mengandung selulosa dan lignin sehingga strukturnya kaku. Misalnya yaitu batok kelapa.

Kesimpulan

Dari uraian singkat di atas, dapat disimpulkan kalau Kolenkim dan Sklerenkim mempunyai perbedaan-perbedaan tertentu. Di antaranya :

  1. Menurut posisi keberadaannya, kolenkim terletak di bawah epidermis dan lebih ke tepi daripada sklerenkim yang ada di dalam.
  2. Kolenkim bersifat primer, muda, dan hidup, sedangkan sifat sklerenkim yaitu primer, dewasa, dan mati.
  3. Berbeda dengan kolenkim yang menguatkan bagian tumbuhan yang masih tumbuh, sklerenkim memperkuat bagian tumbuhan sudah tidak mengalami pertumbuhan dan perkembangan.


Demikianlah Artikel 3 Perbedaan Kolenkim dan Sklerenkim pada Jaringan Tumbuhan

Sekianlah artikel 3 Perbedaan Kolenkim dan Sklerenkim pada Jaringan Tumbuhan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan artikel ini.

Subscribe to receive free email updates: