Ini Dia Perbedaan Kritik dan Saran

Ini Dia Perbedaan Kritik dan Saran - Apakah sahabat sedang mencari informasi tentang JENIS PERBEDAAN ?, Nah isi dalam Artikel ini disusun agar pembaca dapat memperluas pegetahuan tentang Ini Dia Perbedaan Kritik dan Saran, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan referensi dari semua pembahasan untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel pendidikan, yang kami suguhkan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Ini Dia Perbedaan Kritik dan Saran
link : Ini Dia Perbedaan Kritik dan Saran

Baca juga


Ini Dia Perbedaan Kritik dan Saran

Apa perbedaan antara kritik dan saran? Kata kritik dan kata saran biasanya digunakan saling-beriringan. Kritik dianggap sebagai koreksi dan saran adalah solusinya.

perbedaan-kritik-dan-saran.jpg

Buku Tulis

Kritik

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), kritik adalah kecaman atau tanggapan kadang-kadang disertai uraian dan pertimbangan baik buruk terhadap suatu hasil karya, pendapat, dan sebagainya. Bisa dibilang, kritik berarti mengkoreksi perbuatan atau tindakan yang telah dilakukan. Kritik juga bisa dimaksudkan sebagai upaya memberikan opini yang berbeda untuk menunjukkan kekurangan dan kekeliruan atas suatu opini. Kritik yang baik adalah kritik yang bersifat objektif dan disertai dengan saran.

Saran

Bersumber dari KBBI, saran adalah pendapat (usul, anjuran, cita-cita) yang dikemukakan untuk dipertimbangkan oleh orang yang dikenai saran. Dengan kata lain, saran berarti solusi untuk memperbaiki kesalahan atau kekeliruan. Ini berarti, saran bisa dibilang sebagai opini yang disampaikan untuk memperbaiki kecacatan suatu opini.

Berikut ini contoh-contoh kalimat yang berisi kritik dan saran dari Farof, antara lain :

  1. Baju itu tidak serasi dengan celanamu, cobalah ganti dengan baju yang lainnya.
  2. Masakan ini sebaiknya ditambah sedikit garam lagi agar rasanya tidak terlalu hambar.
  3. Tabulampot hendaknya diletakkan di sini, karena bila ditaruh di sana akan membusuk.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa perbedaan antara kritik dan saran terletak pada tujuannya. Kritik bertujuan untuk mengkoreksi suatu pendapat atau tindakan. Sedangkan saran bertujuan untuk memperbaiki suatu pendapat atau tindakan.



Demikianlah Artikel Ini Dia Perbedaan Kritik dan Saran

Sekianlah artikel Ini Dia Perbedaan Kritik dan Saran kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan artikel ini.

Subscribe to receive free email updates: