Apa Perbedaan Gerabah dan Tembikar?

Apa Perbedaan Gerabah dan Tembikar? - Apakah sahabat sedang mencari informasi tentang JENIS PERBEDAAN ?, Nah isi dalam Artikel ini disusun agar pembaca dapat memperluas pegetahuan tentang Apa Perbedaan Gerabah dan Tembikar?, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan referensi dari semua pembahasan untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Kehidupan, yang kami suguhkan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Apa Perbedaan Gerabah dan Tembikar?
link : Apa Perbedaan Gerabah dan Tembikar?

Baca juga


Apa Perbedaan Gerabah dan Tembikar?

Apa perbedaan gerabah dan tembikar? Mungkin pertanyaan tersebut yang kini tengah berputar-putar di kepala anda. Yap, gerabah dan tembikar memang dua kerajinan tangan yang berbeda. Apa sih yang membedakannya?

Indonesia kaya akan kerajinan-kerajinan tangan tradisional yang terbuat dari tanah liat. Dua di antaranya yang paling tersohor adalah gerabah dan tembikar. Namun karena memiliki bentuk yang seragam, banyak masyarakat yang mengaku kesulitan dalam membedakan kedua kerajinan tangan ini.

Gerabah

gerabah-dan-tembikar.jpg

Gerabah

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), gerabah adalah alat-alat dapur yang dibuat dari tanah liat yang kemudian dibakar. Para perajin gerabah biasanya membentuk berbagai macam perabotan seperti kendi, belanga, dan lain-lain. Penggunaan gerabah lebih ditujukan untuk diambil fungsinya guna memenuhi kebutuhan sehari-hari. Oleh karena itu, gerabah tampil apa adanya tanpa finishing pemanis dan hanya berwarna cokelat tanah.

Tembikar

tembikar.jpg

Tembikar

Pengertian tembikar menurut KBBI adalah barang dari tanah liat yang dibakar dan berlapis gilap (pengkilap red.). Bentuk-bentuk tembikar beraneka rupa seperti guci, vas, dan pot. Fungsi tembikar yang utama yaitu sebagai aksesoris ruangan. Karena memiliki tampilan yang indah dan berestetika tinggi, tembikar seringkali dipajang di ruangan.

Dari uraian singkat di atas dapat disimpulkan bahwa perbedaan gerabah dan tembikar terletak pada fungsinya. Gerabah digunakan untuk memenuhi kebutuhan peralatan. Sedangkan tembikar dipakai sebagai penghias ruangan.



Demikianlah Artikel Apa Perbedaan Gerabah dan Tembikar?

Sekianlah artikel Apa Perbedaan Gerabah dan Tembikar? kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan artikel ini.

Subscribe to receive free email updates: