Perbedaan Bantal Dakron dan Bantal Silikon | JENIS PERBEDAAN

Perbedaan Bantal Dakron dan Bantal Silikon | JENIS PERBEDAAN - Apakah sahabat sedang mencari informasi tentang JENIS PERBEDAAN ?, Nah isi dalam Artikel ini disusun agar pembaca dapat memperluas pegetahuan tentang Perbedaan Bantal Dakron dan Bantal Silikon | JENIS PERBEDAAN, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan referensi dari semua pembahasan untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel perbedaan, yang kami suguhkan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Perbedaan Bantal Dakron dan Bantal Silikon | JENIS PERBEDAAN
link : Perbedaan Bantal Dakron dan Bantal Silikon | JENIS PERBEDAAN

Baca juga


Perbedaan Bantal Dakron dan Bantal Silikon | JENIS PERBEDAAN

JENIS PERBEDAAN -
Apa yang Anda butuhkan ketika tidur? Salah satunya adalah bantal. Bantal merupakan alas kepala, alas duduk, sandaran punggung, dan sebagainya yang dijahit seperti karung dan diisi menggunakan kapuk, sabut, bulu, dan sebagainya. Zaman dulu memang sebagian besar bantal diisi dengan kapuk. Namun kini susah sekali mendapatkan kapuk. Oleh sebab itu, produsen pun berinovasi dengan memakai dakron dan silikon sebagai bahan pengisi bantal.
Dakron dan silikon sama-sama merupakan serat sintetis sehingga lebih gampang diperoleh pada masa sekarang. Bantal yang diisi menggunakan kedua bahan ini mempunyai keunggulan yaitu :
  1. Bersifat higienis karena tidak menyerap partikel-partikel debu. Bantal ini pun bersifat anti-alergi sehingga aman digunakan oleh penderita asma.
  2. Teksturnya terasa lebih nyaman karena mempunyai tekstur yang lebih empuk dan bisa menyesuaikan dengan bentuk kepala.
  3. Bantal menjadi lebih praktis karena tekstur bahannya yang sangat elastis membuat bantal ini bisa dipres atau divakum untuk mempermudah pengirimannya.
  4. Anda bisa lebih mudah dalam merawatnya. Bantal dakron dan silikon bisa dicuci tanpa menyebabkan perubahan pada tekstur dan kenyamanannya.
  5. Saat ini lebih mudah menemukan produk bantal dakron dan silikon sehingga harganya pun lebih murah daripada bantal kapuk.
bantal-dakron-dan-silikon.jpg
Sebenarnya bantal dakron dan bantal silikon terbuat dari bahan baku yang sama yaitu serat sintetis. Tetapi perbedaan dalam proses pembuatannya menjadikan kedua bahan ini memiliki tekstur yang berbeda. Secara garis besar, kualitas bantal silikon lebih bagus daripada bantal dakron. Dakron merupakan hasil dari produksi serat sintetis dengan kualitas terendah. Sedangkan silikon berada di posisi kedua. Adapun hasil dari produksi serat sintetis dengan kualitas terbaik adalah polyester fiber.
Perbedaan antara bantal dakron dan bantal silikon dapat dilihat dari empat faktor yaitu daya mengembangnya, berat/massa dari serat, warna serat, dan tingkat kehalusannya.
  • Dakron mempunyai serat yang lebih panjang daripada silikon. Sedangkan serat silikon berukuran pendek.
  • Serat silikon terlihat putih dan lebih bersih ketimbang dakron. Dakron memiliki serat yang berwarna agak gelap.
  • Jika dirasakan, silikon mempunyai tekstur yang lebih lembut. Berbeda dengan dakron yang terasa agak kasar.
  • Silikon memiliki tingkat elastisitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan dakron. Oleh karena itu, silikon terasa lebih empuk.
  • Serat yang dimiliki oleh silikon tidak mudah menggumpal. Sementara itu, serat dakron lebih gampang menggumpal.
bantal-silikon-dan-dakron.jpg
Silikon memiliki bentuk berupa partikel-partikel hancuran yang menyerupai kapas. Sifat dan karakteristik utamanya yaitu lembut, ringan, dan mudah kembali ke bentuknya semula. Selain digunakan sebagai bahan pengisi bantal, silikon juga biasanya dipakai untuk membuat kerajinan tangan flanel, boneka, dan sofa. Sedangkan dakron memiliki bentuk seperti busa ringan yang menerawang dengan ketebalan 3-4 cm. Dakron biasanya dijual berupa lembaran-lembaran.



Demikianlah Artikel Perbedaan Bantal Dakron dan Bantal Silikon | JENIS PERBEDAAN

Sekianlah artikel Perbedaan Bantal Dakron dan Bantal Silikon | JENIS PERBEDAAN kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan artikel ini.

Subscribe to receive free email updates: