Apa sih Bedanya Bulu dan Rambut? | JENIS PERBEDAAN

Apa sih Bedanya Bulu dan Rambut? | JENIS PERBEDAAN - Apakah sahabat sedang mencari informasi tentang JENIS PERBEDAAN ?, Nah isi dalam Artikel ini disusun agar pembaca dapat memperluas pegetahuan tentang Apa sih Bedanya Bulu dan Rambut? | JENIS PERBEDAAN, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan referensi dari semua pembahasan untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel perbedaan, yang kami suguhkan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Apa sih Bedanya Bulu dan Rambut? | JENIS PERBEDAAN
link : Apa sih Bedanya Bulu dan Rambut? | JENIS PERBEDAAN

Baca juga


Apa sih Bedanya Bulu dan Rambut? | JENIS PERBEDAAN

JENIS PERBEDAAN -
Anda mungkin pernah bertanya-tanya sendiri apa sih perbedaan antara bulu dengan rambut? Sebab kenyataannya masih banyak sekali orang Indonesia yang salah kaprah dalam menyebut antara bulu dan rambut. Tidak sedikit dari kita yang sering menyebutkan bulu kucing, rambut ayam, bulu hidung, dan sebagainya. Anehnya sebutan yang salah tersebut malah dianggap wajar-wajar saja. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya mengetahui perbedaan-perbedaan antara rambut dan bulu dengan pasti.
BULU
perbedaan-bulu-dan-rambut.jpg
Bulu adalah struktur yang bersifat kedap air yang menutupi tubuh unggas atau burung. Bulu terdiri atas beberapa bagian. Bagian yang paling kecil dari bulu yaitu barbules. Bagian ini melekat pada barbs yang kemudian akan bercabang ke samping dari rachis (sumbu utama bulu). Kumpulan dari beberapa barbs akan membentuk bulu halus yang disebut vane. Sedangkan calamus ialah tangkai pangkal yang menghubungkan bulu dengan folikel kulit.
Warna yang terdapat pada bulu dipengaruhi oleh tiga pigmen di antaranya melanin (hitam, kelabu, cokelat), prophyrin (variasi merah, cokelat, hijau), dan karotenoid (merah pekat, kuning, jingga). Sebagian besar ilmuwan mempercayai bahwa bulu merupakan perkembangan dari sisik yang terdapat pada reptil. Faktor yang memicu perkembangan bulu adalah adaptasi untuk terbang dan pengaturan suhu tubuh.
Setidaknya bulu mempunyai 4 fungsi utama, yaitu :
  1. Insulasi
  2. Aerodinamika
  3. Komunikasi
  4. Kamuflase
Beberapa unggas/burung melakukan modifikasi terhadap bulu di tubuhnya sehingga memiliki fungsi tambahan. Misalnya berenang, memproduksi suara, menarik perhatian lawan jenis, mendengar, dan membantu saat terbang.
RAMBUT
perbedaan-rambut-dan-bulu.jpg
Rambut pada hakikatnya merupakan lapisan tebal dari rambut-rambut halus yang menutupi kulit mamalia. Susunan rambut secara anatomis terdiri dari akar rambut (root, bulb, knob), batang rambut (shaft), dan ujung rambut (top). Semua mamalia pada umumnya mempunyai susunan rambut yang sama yaitu kutikula, korteks, dan medulla. Tetapi ada sejumlah aspek yang membedakan antara rambut manusia dengan rambut binatang.
Rambut binatang memiliki tekstur yang lebih kasar dengan pigmen yang seragam dan terletak di tengah atau tepi. Sedangkan rambut manusia mempunyai tekstur yang lembut dan pigmen yang tersebar di sepanjang batang rambut. Bagian kutikula rambut binatang memiliki sisik yang besar dengan medula yang lebar menyambung dan korteks yang tipis. Berbeda dengan kutikula pada rambut manusia yang lebih kecil dan medula yang sempit terputus atau menyambung serta korteks yang tebal.
Perbedaan antara rambut manusia dan rambut binatang tidak hanya dari segi anatominya saja. Penyebutannya dalam bahasa inggris pun berbeda. Rambut manusia dinamakan hair. Tetapi rambut binatang biasa disebut fur, meskipun tidak sedikit pula orang yang salah kaprah sebab menyebutnya hair. Sementara itu, sebutan bulu dalam bahasa inggris adalah feather. Yang menarik orang asing sudah pintar dalam membedakan rambut dan bulu. Mereka tidak pernah salah menyebut rambut kucing (cat fur) atau bulu ayam (chicken feather).
KESIMPULAN
Uraian di atas seharusnya sudah lebih dari cukup untuk menjelaskan apa perbedaan antara bulu dan rambut. Sebab pada dasarnya bulu memang tidak sama dengan rambut. Kedua kata ini mempunyai perbedaan yang sangat jelas. Selalu ingat bahwa rambut hanya dimiliki oleh mamalia. Sedangkan bulu dimiliki oleh unggas dan burung. Jadi manusia sama sekali tidak mempunyai bulu. Semua yang tumbuh di kepala, mata, hidung, dada, tangan, kaki, ketiak, dan bagian tubuh lainnya adalah rambut.



Demikianlah Artikel Apa sih Bedanya Bulu dan Rambut? | JENIS PERBEDAAN

Sekianlah artikel Apa sih Bedanya Bulu dan Rambut? | JENIS PERBEDAAN kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan artikel ini.

Subscribe to receive free email updates: