Mau Tahu Perbedaan Sup dan Soto? | JENIS PERBEDAAN

Mau Tahu Perbedaan Sup dan Soto? | JENIS PERBEDAAN - Apakah sahabat sedang mencari informasi tentang JENIS PERBEDAAN ?, Nah isi dalam Artikel ini disusun agar pembaca dapat memperluas pegetahuan tentang Mau Tahu Perbedaan Sup dan Soto? | JENIS PERBEDAAN, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan referensi dari semua pembahasan untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel perbedaan, yang kami suguhkan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Mau Tahu Perbedaan Sup dan Soto? | JENIS PERBEDAAN
link : Mau Tahu Perbedaan Sup dan Soto? | JENIS PERBEDAAN

Baca juga


Mau Tahu Perbedaan Sup dan Soto? | JENIS PERBEDAAN

JENIS PERBEDAAN -

Kita beruntung banget tinggal di Indonesia yang mempunyai berbagai masakan tradisional yang memiliki cita rasa lezat dan menggugah selera. Apalagi buat Anda yang gemar makan, negara kita tercinta ini seakan-akan menjadi surganya dunia. Setiap daerah di Indonesia dari Sabang sampai Merauke mempunyai kuliner khas yang rasanya pasti enak. Proses pembuatannya pun bermacam-macam. Mulai dari masakan yang dibakar, digoreng, ditumis, direbus, dikukus, dan lain-lain.

Anda pastinya pernah dong bertanya-tanya makanan apa yang paling mantap dinikmati saat kondisi iklim dan cuaca sedang hujan? Jawabannya yaitu sup atau kalau nggak ya soto. Kuah sup atau soto yang hangat-hangat segar gimana gitu ditambah isinya yang ramai bakal langsung membuat kita lupa diri kalau suhu udara sedang dingin banget. Tapi tahukah Anda kalau sebenarnya sup dan soto itu berbeda? Ini nih pokok permasalahan yang sering membuat orang-orang kebingungan dalam menyebut suatu hidangan itu termasuk sup atau soto.

Sup

perbedaan-sup-dan-soto.jpg

Sup adalah masakan yang dibuat dengan metode perebusan. Isinya seperti daging-dagingan dan sayur-mayur yang direbus menjadi satu menggunakan bumbu yang ringan. Di luar negeri, beberapa buah juga kerap dimasukkan ke masakan sup untuk menimbulkan aroma dan rasa yang segar. Tapi hal ini tidak lumrah ada di masakan sup khas Indonesia yang lebih dominan gurih. Sup paling enak kalau dinikmati buat sarapan. Rasanya yang ringan dengan kandungan nutrisi lengkap di dalamnya akan membuat tubuh lebih bertenaga.

Soto

perbedaan-soto-dan-sup.jpg

Jika dilihat secara sepintas, soto tak ubahnya seperti sup. Semua bahan-bahan yang digunakan pada soto pun dimasak menggunakan teknik perebusan. Namun bila Anda cermati lebih mendalam, bahan-bahan penyusun soto tersebut ternyata direbus secara terpisah dari kuahnya. Jadi untuk membuat soto, kita perlu membuat kuah kaldunya terlebih dahulu. Rasa dari kuah soto ini cukup kuat yang didominasi oleh rempah-rempah seperti daun salam dan sereh. Beberapa jenis soto pun menggunakan santan atau susu untuk mengentalkan kuah kaldunya. Ada juga yang menambahkan asam jawa untuk membuat rasa kuah menjadi lebih segar.

Kemudian rebus pula sayur-mayur pelengkap soto di panci yang terpisah. Beberapa sayuran yang kerap dipakai pada masakan soto antara lain kol, tauge, daun bawang, dan tomat. Jangan lupa untuk menambahkan bihun yang direbus juga ya. Setelah matang, sayur-mayur plus bihun tersebut dimasukkan ke mangkuk secukupnya, lalu disiram dengan kuah soto. Yang khas dari soto lainnya ialah penyajiannya selalu dilengkapi dengan lauk-pauk. Misalnya seperti perkedel, kerupuk, emping, dan gorengan. Beberapa soto yang sangat populer di Indonesia antara lain soto banjar, soto kudus, dan soto betawi.

Perbedaan

Jadi sudah jelas dong apa bedanya sup dan soto?

  1. Bahan-bahan penyusun sup dimasak bersama kuahnya. Sedangkan bahan-bahan penyusun soto direbus sendiri terpisah dari kuahnya.
  2. Sup memiliki rasa yang ringan. Berbeda dengan soto yang begitu kuat akan cita rasa dan aroma dari rempah-rempah.
  3. Semua masakan sup khas Indonesia berkuah bening dan encer. Namun sup khas Eropa dan Amerika memiliki kuah yang kental. Sementara kuah soto ada yang bening atau ditambahi santan/susu.
  4. Tidak sama dengan sup, bihun merupakan bahan yang wajib ada di dalam soto. Soto banjar, soto kudus, atau soto betawi selalu menggunakan bihun.
  5. Soto biasa dihidangkan dengan makanan pendamping seperti perkedel, tahu goreng, tempe goreng, atau emping. Tetapi sup terasa lebih enak dinikmati sendirian.
  6. Semua sayur-mayur bisa dimasak menjadi sup. Namun tidak semua sayuran cocok dijadikan bahan campuran soto misalnya buncis, jagung manis, terong, kangkung, dan sebagainya.


Demikianlah Artikel Mau Tahu Perbedaan Sup dan Soto? | JENIS PERBEDAAN

Sekianlah artikel Mau Tahu Perbedaan Sup dan Soto? | JENIS PERBEDAAN kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan artikel ini.

Subscribe to receive free email updates: