Perbedaan antara Tikus Rat dan Mencit

Perbedaan antara Tikus Rat dan Mencit - Apakah sahabat sedang mencari informasi tentang JENIS PERBEDAAN ?, Nah isi dalam Artikel ini disusun agar pembaca dapat memperluas pegetahuan tentang Perbedaan antara Tikus Rat dan Mencit, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan referensi dari semua pembahasan untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Binatang, yang kami suguhkan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Perbedaan antara Tikus Rat dan Mencit
link : Perbedaan antara Tikus Rat dan Mencit

Baca juga


Perbedaan antara Tikus Rat dan Mencit

Apakah perbedaan antara tikus rat dan mencit? Di dunia yang semakin canggih ini, terdapat bermacam-macam jenis tikus yang tersebar di seluruh penjuru. Dua di antaranya yang paling terkenal yaitu tikus rat (Rattus norvegicus) dan mencit (Mus musculus). Tahukah Anda, apakah perbedaan dari keduanya?

perbedaan-tikus-dan-mencit.jpg

Tikus Rat (Rattus norvegicus)

Tikus rat biasa dikenal pula sebagai tikus laboratorium karena tikus ini sering dijadikan binatang percobaan. Tikus rat masih satu marga dengan tikus liar (Rattus rattus), tikus norwegia, dan tikus cokelat. Perangai yang khas dari tikus rat jantan ialah ia jarang sekali ditemukan sedang berkelahi dengan pejantan-pejantan lainnya.

Tikus rat bisa diletakkan dalam kandang yang terpisah selama ia masih bisa melihat dan mendengar suara tikus rat lainnya. Sifatnya yang tenang membuat tikus ini termasuk mudah ditangani, khususnya bila dipegang dengan benar. Satu hal yang membedakan tikus rat adalah tikus ini sama sekali tidak bisa muntah sebab struktur anatomi di tempat esofagus-nya bermuara ke dalam lambung yang tidak dilengkapi dengan kantong empedu.

Tikus rat merupakan binatang percobaan yang menguntungkan karena ukuran tubuhnya yang cukup besar. Walaupun begitu, bobot tikus laboratorium ini masih kalah jauh dibandingkan dengan berat badan tikus liar. Pada umur 4 minggu, rata-rata berat tikus rat sekitar 35-40 gram dan akan terus bertambah hingga 200-250 gram ketika sudah cukup dewasa. Bobot maksimal tikus rat yang tua adalah 500 gram untuk pejantan dan 350 gram untuk betina.

Mencit (Mus muculus)

Mencit masih satu kerabat dengan mencit liar dan mencit rumah. Mencit juga dapat ditemukan di seluruh dunia, asalkan ada makanan dan tempat baginya untuk berlindung. Perlu diketahui, seluruh galur mencit laboratorium berasal dari mencit liar yang sudah diternakkan secara selektif selama lebih dari 80 tahun lamanya.

Itu sebabnya, berat badan mencit laboratorium pun hampir sama dengan mencit liar. Pada umur 4 minggu, berat badan mencit laboratorium berkisar antara 18-20 gram. Kemudian setelah tumbuh menjadi mencit dewasa, berat tubuh mencit tersebut akan semakin bertambah hingga mencapai 30-40 gram. Mencit merupakan binatang omnivora yang bisa mengkonsumsi bahan makanan apa saja.

Perbedaan Tikus Rat dan Mencit

Simak penjelasannya dari Farof sebagai berikut :

  1. Tikus rat mempunyai ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan mencit. Bahkan saat diukur dari moncong hingga ujung ekornya, panjang tikus ini bisa mencapai 40 cm lebih. Sedangkan panjang mencit berkisar antara 12-20 cm.
  2. Pada usia yang sama, berat badan tikus rat juga jauh lebih berat daripada mencit. Pada umur 4 minggu, rata-rata bobot tikus rat adalah 35-40 gram dan mencit bobotnya sekitar 18-20 gram.
  3. Mencit mempunyai moncong kepala yang lebih lancip ketimbang tikus rat. Ukuran kumisnya pun lebih panjang dibandingkan tikus rat. Begitu juga dengan ukuran telinga mencit yang lebih panjang dan lebih tipis dengan ekor yang ditumbuhi bulu-bulu halus.


Demikianlah Artikel Perbedaan antara Tikus Rat dan Mencit

Sekianlah artikel Perbedaan antara Tikus Rat dan Mencit kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan artikel ini.

Subscribe to receive free email updates: