5 Perbedaan Lada Hitam dan Lada Putih

5 Perbedaan Lada Hitam dan Lada Putih - Apakah sahabat sedang mencari informasi tentang JENIS PERBEDAAN ?, Nah isi dalam Artikel ini disusun agar pembaca dapat memperluas pegetahuan tentang 5 Perbedaan Lada Hitam dan Lada Putih, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan referensi dari semua pembahasan untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Aneka, yang kami suguhkan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 5 Perbedaan Lada Hitam dan Lada Putih
link : 5 Perbedaan Lada Hitam dan Lada Putih

Baca juga


5 Perbedaan Lada Hitam dan Lada Putih

Apakah perbedaan antara lada hitam dan lada putih? Lada (Piper nigrum) sering disebut pula sebagai merica atau sahang. Ini merupakan rempah-rempah yang paling banyak digunakan dalam pembuatan berbagai olahan masakan di dunia. Selain itu, lada juga sering digunakan sebagai obat tradisional khususnya berkhasiat untuk terapi asma dan gigitan serangga. Lada memiliki citarasa pahit, pedas, hangat, dan antipiretik dengan aroma khas yang sangat kuat.

Pada umumnya, kita mengenal dua macam lada yaitu lada putih dan lada hitam. Tahukah Anda bahwa sebenarnya kedua lada ini diolah dari tanaman yang sama. Lada putih terbuat dari buah yang benar-benar matang. Sedangkan lada hitam merupakan buah yang telah melewati masa kematangannya serta mengering karena sinar matahari. Lantas apa sih perbedaannya antara lada hitam dengan lada putih?

lada-hitam-dan-putih.jpg

Di bawah ini merupakan sejumlah perbedaan yang dimiliki oleh kedua macam lada ini :

  1. Lada putih diambil dari buah lada yang matang untuk selanjutnya direndam di dalam air garam guna membuang kulitnya. Sementara lada hitam diambil dari buah lada yang telah melewati waktu masak dan kemudian dikeringkan.
  2. Pengelupasan kulit buah lada membuat tekstur permukaan lada putih terasa lembut serta terlihat lebih bersih dan menarik. Sedangkan lada hitam mempunyai tekstur yang kasar pada permukaannya.
  3. Lada putih mempunyai rasa yang lebih pedas dibandingkan dengan lada hitam. Tetapi rasa lada hitam jauh lebih kaya dan kompleks. Aroma yang dimiliki lada hitam juga lebih khas.
  4. Kebanyakan masakan di Indonesia lebih banyak menggunakan lada putih daripada lada hitam karena rasanya lebih pedas. Namun masakan yang bergaya Amerika dan Eropa justru lebih banyak memanfaatkan lada hitam. Lada putih hanya dipakai untuk masakan berwarna cerah dan saus.
  5. Di pasaran, harga lada putih lebih mahal daripada lada hitam. Hal ini dikarenakan proses produksi lada putih jauh lebih rumit. Selain itu masakan khas Indonesia juga pada umumnya menggunakan bumbu lada putih, sehingga peminat lada hitam terhitung sedikit.

Demikian, semoga bermanfaat!



Demikianlah Artikel 5 Perbedaan Lada Hitam dan Lada Putih

Sekianlah artikel 5 Perbedaan Lada Hitam dan Lada Putih kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan artikel ini.

Subscribe to receive free email updates: