Enam Perbedaan Teh Hitam dan Teh Hijau

Enam Perbedaan Teh Hitam dan Teh Hijau - Apakah sahabat sedang mencari informasi tentang JENIS PERBEDAAN ?, Nah isi dalam Artikel ini disusun agar pembaca dapat memperluas pegetahuan tentang Enam Perbedaan Teh Hitam dan Teh Hijau, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan referensi dari semua pembahasan untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Kuliner, yang kami suguhkan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Enam Perbedaan Teh Hitam dan Teh Hijau
link : Enam Perbedaan Teh Hitam dan Teh Hijau

Baca juga


Enam Perbedaan Teh Hitam dan Teh Hijau

Apakah perbedaan antara teh hitam dan teh hijau? Minuman teh sudah dikenal lama oleh manusia, setidaknya sejak ratusan ribu tahun silam. Teh dipercaya mengandung berbagai khasiat yang bagus untuk kesehatan. Ini dikarenakan antioksidan yang tersimpan di dalamnya, seperti flavonoid dan polifenol.

Saat ini, ada dua jenis minuman teh yang paling populer di dunia yaitu teh hitam dan teh hijau. Pembeda utama dari kedua ragam teh tersebut ialah dilakukan atau tidaknya proses fermentasi. Karena proses pembuatannya tidak sama, maka citarasa, aroma, dan kandungan yang terdapat dalam teh hitam dan teh hijau pun berbeda.

teh-hitam-teh-hijau.jpg

Teh Hitam

Teh hitam adalah sebutan untuk teh yang diproses dari daun tanaman teh yang dipanggang atau dijemur terlebih dahulu, kemudian dilakukan proses fermentasi. Oleh karena itu, warna daun teh yang dihasilkan terlihat kehitam-hitaman. Sedangkan ketika teh ini diseduh, air teh yang dihasilkan terlihat merah kecoklatan cenderung pekat. Teh hitam paling cocok diminum pagi hari untuk menambah semangat beraktivitas.

Meskipun proses fermentasi menyebabkan kandungan antioksidan pada teh hitam berkurang, namun di sisi lain proses tersebut juga menambah zat theaflavins dan thearubiger yang berfungsi sebagai antibodi pada sistem pencernaan. Kadar fluoride yang berguna untuk memperkuat tulang dan gigi di teh hitam juga lebih banyak. Sedangkan untuk kandungan kafeinnya, teh hitam menyimpan sekitar 42-72 mg kafein per cangkir.

Teh Hijau

Teh hijua diolah tanpa melalui proses pengeringan. Pembuatan teh hijau juga mencegah dilakukannya proses fermentasi. Karenanya kadar antioksidan teh hijau tetap utuh dan terjaga dengan baik. Perlu diketahui, antioksidan merupakan senyawa yang sangat bagus untuk mencegah risiko penyakit jantung, kanker, parkinson, dan alzheimer.

Jika dibandingkan dengan teh hitam, teh hijau mengandung fluoride dalam jumlah yang lebih sedikit. Kadar kafein yang dimilikinya pun sangatlah rendah hanya berkisar antara 9-50 mg per cangkir saji. Bila dilihat memperhatikan mafaatnya di atas, teh hijau lebih afdol kalau diminum pada malam hari untuk menciptakan perasaan yang tenang dan nyaman.

Perbedaan

Perbedaan-perbedaan teh hitam dan teh hijau antara lain :

  1. Teh hitam diolah melalui proses pengeringan dan fermentasi, sedangkan teh hijau tidak.
  2. Teh hitam cocok diminum pagi hari dan teh hijau lebih tepat dinikmati malam hari.
  3. Teh hitam mengandung kafein yang lebih tinggi daripada teh hijau.
  4. Kadar fluoride yang terdapat di teh hitam juga lebih banyak ketimbang teh hijau.
  5. Teh hjau menyimpan antioksidan yang lebih melimpah dibandingkan dengan teh hitam.
  6. Berbeda dengan teh hijau, teh hitam mengandung zat theaflavins dan thearubiger.


Demikianlah Artikel Enam Perbedaan Teh Hitam dan Teh Hijau

Sekianlah artikel Enam Perbedaan Teh Hitam dan Teh Hijau kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan artikel ini.

Subscribe to receive free email updates: