Perbedaan Motor Matic dan Motor Manual | JENIS PERBEDAAN

Perbedaan Motor Matic dan Motor Manual | JENIS PERBEDAAN - Apakah sahabat sedang mencari informasi tentang JENIS PERBEDAAN ?, Nah isi dalam Artikel ini disusun agar pembaca dapat memperluas pegetahuan tentang Perbedaan Motor Matic dan Motor Manual | JENIS PERBEDAAN, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan referensi dari semua pembahasan untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel perbedaan, yang kami suguhkan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Perbedaan Motor Matic dan Motor Manual | JENIS PERBEDAAN
link : Perbedaan Motor Matic dan Motor Manual | JENIS PERBEDAAN

Baca juga


Perbedaan Motor Matic dan Motor Manual | JENIS PERBEDAAN

JENIS PERBEDAAN -
Sepeda motor sangat membantu kita dalam berkendara di jalan raya. Berkat kendaraan yang memiliki roda dua ini kita bisa tiba di tempat tujuan dengan waktu yang lebih cepat. Ongkos perjalanannya pun jauh lebih hemat dibandingkan dengan menggunakan angkutan umum. Maka tak heran kalau sekarang setiap rumah di Indonesia mempunyai paling tidak satu sepeda motor. Sepeda motor benar-benar dapat membantu mempermudah kehidupan kita.
Berdasarkan transmisinya, sepeda motor dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu manual dan matic. Khusus motor dengan transmisi manual masih bisa dibedakan lagi menjadi dua jenis yakni kopling dan tanpa kopling. Ternyata pemakaian sistem transmisi pada sepeda motor ini sangat dipengaruhi oleh jenis mesin yang digunakan. Pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas seputar perbedaan motor matic dan manual beserta kelebihan dan kekurangannya.
Motor Matic
perbedaan-motor-matic.jpg
Motor matic mempunyai sistem transmisi yang tidak berada di dalam ruang mesin. Teknologi yang diusung kurang lebih seperti CVT (Continuosly Variable Transmission) yang ada di mobil. Jadi terpisah antara mesin dan transmisinya. Mesinnya sendiri, transmisinya pun sendiri. Oleh sebab itu, motor matic juga membutuhkan oli transmisi tersendiri di samping oli untuk mesin karena posisi transmisi yang tidak berada di ruang mesin. Oli transmisi ini disebut oli gardan.
Kelebihan dan kekurangan motor matic antara lain :
  1. Handal pada saat kondisi sedang macet, di mana Anda tidak perlu mengoper-oper gigi transmisi lagi sehingga menghemat tenaga.
  2. Sangat mudah dikendarai dan rasanya pun nyaman. Anda hanya perlu menarik tuas gas untuk menjalankannya.
  3. Boros bensin karena spruyer dan setelah katup yang digunakan cukup besar. Semua perpindahan gigi diatur oleh mesin.
  4. Lemah pada tanjakan, khususnya bila Anda tidak bersiaga sebelumnya sebab tarikan pertama pada motor ini hilang.
  5. Proses perawatannya lebih rumit serta membutuhkan biaya yang lebih banyak daripada motor dengan transmisi manual.
Motor Manual
perbedaan-motor-manual.jpg
Motor manual adalah motor yang menggabungkan antara ruang mesin dengan kopling dan transmisi. Posisi sistem transmisi berada di dalam ruang mesin. Hal ini membuat motor manual membutuhkan oli mesin yang juga mampu bertindak sebagai oli transmisi. Motor manual tidak bisa menggunakan oli untuk motor matic, begitu pula sebaliknya. Sepeda motor manual perlu oli yang mampu memberikan pelumasan pada mesin, kopling, dan transmisi sekaligus.
Berikut ini kelebihan dan kekurangan motor manual, yaitu :
  1. Sepeda motor tipe manual memiliki keunggulan pada konsumsi bahan bakarnya yang lebih hemat karena bisa disesuaikan menurut kebutuhan.
  2. Mempunyai performa yang lebih tangguh serta bisa digunakan di berbagai kondisi jalan yang berbeda-beda.
  3. Tidak sulit untuk membersihkan motor bertransmisi manual karena komponen-komponennya mudah dijangkau dan tidak tersembunyi.
  4. Motor dengan transmisi manual lebih mudah dirawat dan tidak menghabiskan biaya yang terlalu besar.
  5. Kita harus memindahkan gigi transmisi sewaktu-waktu sesuai kebutuhan. Bagi sebagian orang, ini sangat merepotkan.



Demikianlah Artikel Perbedaan Motor Matic dan Motor Manual | JENIS PERBEDAAN

Sekianlah artikel Perbedaan Motor Matic dan Motor Manual | JENIS PERBEDAAN kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan artikel ini.

Subscribe to receive free email updates: