4 Perbedaan Bunga Bangkai dan Raflesia

4 Perbedaan Bunga Bangkai dan Raflesia - Apakah sahabat sedang mencari informasi tentang JENIS PERBEDAAN ?, Nah isi dalam Artikel ini disusun agar pembaca dapat memperluas pegetahuan tentang 4 Perbedaan Bunga Bangkai dan Raflesia, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan referensi dari semua pembahasan untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Tanaman, yang kami suguhkan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 4 Perbedaan Bunga Bangkai dan Raflesia
link : 4 Perbedaan Bunga Bangkai dan Raflesia

Baca juga


4 Perbedaan Bunga Bangkai dan Raflesia

Apakah perbedaan antara bunga bangkai dan raflesia? Ada banyak orang yang masih menganggap kalau nama lain bunga bangkai adalah bunga raflesia. Opini timbul lantaran kedua bunga ini sama-sama mengeluarkan bau yang busuk. Perlu diketahui, aroma busuk tersebut biasanya digunakan oleh tanaman-tanaman ini untuk menarik perhatian serangga yang dapat membantu terjadinya proses penyerbukan.

Tetapi faktanya, anggapan bahwa bunga bangkai sama dengan tumbuhan raflesia ini sangatlah keliru. Bunga bangkai bukanlah tanaman raflesia, begitu pula sebaliknya. Perbedaan antara kedua spesies tumbuhan ini terletak pada bentuk, struktur, habitat, dan asal muasalnya. Biar lebih paham, yuk kenali terlebih dahulu karakteristik dari keduanya!

bunga-bangkai-dan-raflesia.jpg

Bunga Bangkai (Amorphophallus)

Bunga bangkai adalah tanaman dari genus Amorphophallus yang tergolong dalam suku talas-talasan (Araceae). Ini merupakan tanaman endemik dari dataran rendah yang hidup di daerah yang beriklim tropis hingga subtropis seperti Afrika Barat dan Kepulauan Pasifik. Tanaman bunga bangkai memiliki bunga majemuk yang berukuran sangat besar dengan rupa umbi yang bervariasi.

Dalam siklus kehidupannya, bunga bangkai mengalami dua fase kehidupan yaitu fase vegetatif dan fase generatif. Pada fase vegetatif, batang tanaman ini tumbuh di atas umbi dan daunnya tampak menyerupai daun pepaya. Kemudian batang dan daun tanaman ini akan menjadi layu hingga menyisakan umbi di dalam tanah. Jika kondisinya memungkinkan, siklus ini akan berlanjut ke fase generatif yaitu tumbuhnya bunga majemuk sebagai pengganti batang dan daun yang telah layu.

Pada waktu bagian bunga tanaman ini mekar sempurna, bunga bangkai akan mengeluarkan aroma yang sangat menyengat. Tujuannya adalah untuk memikat perhatian lalat, kumbang, dan serangga lainnya yang dapat berperan sebagai agen penyerbukan tanaman. Jika proses penyerbukan ini berjalan sempurna, maka tanaman pun akan menghasilkan buah berwarna merah yang mengandung biji di bagian pangkal bunganya.

Bunga Raflesia

Bunga raflesia merupakan tanaman asli Sumatera Selatan, tepatnya di daerah Bengkulu. Bunga raflesia mempunyai bunga yang berbentuk melebar dan berwarna merah. Bahkan ukuran diameter bunga raflesia ketika mekar bisa mencapai 1 m dengan tinggi sekitar 50 cm. Tahukah Anda, bunga raflesia tidak mempunyai akar, tangkai, dan daun.

Bunga raflesia memiliki 5 buah mahkota bunga. Pada bagian dasar bunga yang berbentuk gentong terkandung putik atau benang sari, tergantung jenis kelamin tanaman tersebut. Bunga tanaman ini memiliki masa pertumbuhan sampai 9 bulan dan masa mekarnya hanya berkisar antara 5-7 hari. Raflesia adalah tanaman parasit obligat yang tumbuh secara merambat (tetrasigma) dan tinggal di dalam akar tersebut seperti tali.

Perbedaan

Adapun perbedaan-perbedaan antara bunga bangkai dan bunga raflesia adalah sebagai berikut :

  1. Bunga bangkai adalah tanaman yang berasal dari suku talas-talasan (Araceae). Sedangkan bunga raflesia merupakan tanaman parasit dari famili Vitaceae.
  2. Bunga bangkai mempunyai batang dan daun pada masa vegetatif, serta bunga pada masa generatif. Berbeda dengan bunga raflesia yang sama sekali tidak memiliki batang, daun, dan akar.
  3. Rata-rata bunga bangkai memiliki diameter 50-70 cm dan tingginya mencapai 6 m. Sementara itu, bunga raflesia mempunyai diameter 100 cm dengan tinggi hingga 50 cm.
  4. Bunga bangkai dinobatkan sebagai tanaman dengan bunga majemuk terbesar di dunia. Dan bunga raflesia ditetapkan sebagai tanaman yang memiliki bunga tunggal terbesar di dunia.


Demikianlah Artikel 4 Perbedaan Bunga Bangkai dan Raflesia

Sekianlah artikel 4 Perbedaan Bunga Bangkai dan Raflesia kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan artikel ini.

Subscribe to receive free email updates: