Perbedaan Singkat antara Danau dan Waduk

Perbedaan Singkat antara Danau dan Waduk - Apakah sahabat sedang mencari informasi tentang JENIS PERBEDAAN ?, Nah isi dalam Artikel ini disusun agar pembaca dapat memperluas pegetahuan tentang Perbedaan Singkat antara Danau dan Waduk, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan referensi dari semua pembahasan untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Aneka, yang kami suguhkan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Perbedaan Singkat antara Danau dan Waduk
link : Perbedaan Singkat antara Danau dan Waduk

Baca juga


Perbedaan Singkat antara Danau dan Waduk

Apakah perbedaan antara danau dan waduk? Menurut KBBI, danau adalah genangan air yang amat luas dan dikelilingi oleh daratan. Sedangkan waduk ialah kolam besar tempat penyimpanan air sediaan untuk berbagai kebutuhan atau mengatur pembagian air untuk dipakai di musim kemarau dan sebagainya. Waduk juga dapat diartikan sebagai menara air yaitu tempat persediaan air.

Danau dan waduk sama-sama merupakan cekungan besar di permukaan bumi yang digenangi air dan dikelilingi daratan. Keduanya juga bisa mengandung air tawar, air payau, atau air asin. Namun tahukah Anda, apakah perbedaan yang dimiliki oleh kedua kolam air raksasa tersebut? Simak uraian singkat dari Farof sebagai berikut!

perbedaan-danau-dan-waduk.jpg

Danau

Danau adalah kumpulan air di suatu tempat yang cukup luas. Danau bisa terbentuk karena gletser yang mencair, aliran sungai, dan mata air. Selain sebagai sumber air, danau juga sering dimanfaatkan pula sebagai tempat rekreasi dan sarana olahraga. Kebanyakan danau berisi air tawar, meskipun ada juga danau yang mengandung air asin dan air payau. Terdapat tujuh macam danau berdasarkan proses pembentukkannya antara lain danau tektonik, danau vulkanik, danau tektovulkanik, danau bendungan alami, danau karst, danau glasial, dan danau buatan.

Waduk

Waduk adalah danau buatan yang berfungsi sebagai kolam penyimpanan air dan pembendungan sungai. Waduk biasanya dibuat di lembah sungai dengan membangun bendungan, menggali tanah, serta menuang beton tembok. Ada tiga macam waduk yang patut Anda ketahui yaitu waduk lembah, waduk sisi sungai, dan waduk pelayanan.

Perbedaan

Pada dasarnya, perbedaan danau dan waduk terletak pada proses pembentukannya. Danau merupakan genangan air yang terbentuk secara alami. Sedangkan pembangunan waduk dilakukan oleh manusia (buatan). Biasanya danau terbentuk oleh gletser yang mencair, aliran sungai, dan mata air. Berbeda dengan waduk yang secara sengaja dibuat oleh manusia dengan mendirikan bangunan sebagai penahan air.



Demikianlah Artikel Perbedaan Singkat antara Danau dan Waduk

Sekianlah artikel Perbedaan Singkat antara Danau dan Waduk kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan artikel ini.

Subscribe to receive free email updates: