Lima Perbedaan Arit dan Celurit

Lima Perbedaan Arit dan Celurit - Apakah sahabat sedang mencari informasi tentang JENIS PERBEDAAN ?, Nah isi dalam Artikel ini disusun agar pembaca dapat memperluas pegetahuan tentang Lima Perbedaan Arit dan Celurit, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan referensi dari semua pembahasan untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Kehidupan, yang kami suguhkan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Lima Perbedaan Arit dan Celurit
link : Lima Perbedaan Arit dan Celurit

Baca juga


Lima Perbedaan Arit dan Celurit

Apakah perbedaan antara arit dan celurit? Jika dilihat sekilas, arit dan celurit memiliki bentuk yang tidak jauh berbeda. Keduanya sama-sama merupakan senjata tajam yang mempunyai bentuk yang melengkung. Antara arit dengan celurit juga sama-sama terbuat dari material besi yang ditempa sedemikian rupa. Tapi tahukah Anda perbedaan-perbedaan yang dimiliki arit dengan celurit?

perbedaan-arit-dan-celurit.jpg

Arit

Bagi para petani, arit atau sabit adalah alat yang berguna untuk memotong rumput, semak, dan ranting kecil. Arit bisa diibaratkan sebagai pisau besar yang memiliki bentuk melengkung serta berujung runcing dan tajam. Bentuk melengkung sengaja diterapkan untuk mempermudah dalam menarik rerumputan yang akan dipotong. Pada dasarnya, arit bukanlah senjata/gaman yang dapat dipakai untuk mempertahankan diri.

Celurit

Sekilas celurit tampak seperti arit, yakni sama-sama mempunyai bentuk melengkung. Namun lengkungan pada celurit ini tidak terlalu signifikan layaknya simbol tanda tanya. Yang pasti, celurit adalah senjata tradisional suku Madura, baik masyarakat yang tinggal di Pulau Madura maupun sebelah timur Provinsi Jawa Timur. Senjata ini sudah melegenda dari tokoh Sakera dan menjadi bagian dari khasanah kebudayaan tersendiri.

Perbedaan

Apakah perbedaan-perbedaan antara arit dan celurit? Berikut ini informasi selengkapnya dari Farof untuk Anda :

  1. Arit biasa dipakai oleh masyarakat Madura sebagai alat pemotong rumput, tetapi kalau celurit adalah senjata khas masyarakat Madura.
  2. Jika diperhatikan dengan teliti, bentuk arit dan celurit juga berbeda. Arit memiliki bentuk lengkungan yang melebar, sedangkan celurit lengkungannya lebih ke dalam.
  3. Kualitas besi sebagai bahan bakunya juga berbeda. Besi yang digunakan untuk membuat celurit lebih tahan terhadap karat, sementara besi arit gampang sekali berkarat. Ini karena penambahan baja pada celurit lebih banyak dibandingkan dengan arit.
  4. Jadi wajar saja apabila harga celurit bisa lebih mahal hingga 5-6 kali lipat daripada harga arit.
  5. Tidak seperti arit, celurit kerap pula dimasukkan beberapa kodam ke dalamnya untuk membuatnya lebih sakti.


Demikianlah Artikel Lima Perbedaan Arit dan Celurit

Sekianlah artikel Lima Perbedaan Arit dan Celurit kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan artikel ini.

Subscribe to receive free email updates: