Ini Beda Baking Soda dan Baking Powder | JENIS PERBEDAAN

Ini Beda Baking Soda dan Baking Powder | JENIS PERBEDAAN - Apakah sahabat sedang mencari informasi tentang JENIS PERBEDAAN ?, Nah isi dalam Artikel ini disusun agar pembaca dapat memperluas pegetahuan tentang Ini Beda Baking Soda dan Baking Powder | JENIS PERBEDAAN, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan referensi dari semua pembahasan untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel perbedaan, yang kami suguhkan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Ini Beda Baking Soda dan Baking Powder | JENIS PERBEDAAN
link : Ini Beda Baking Soda dan Baking Powder | JENIS PERBEDAAN

Baca juga


Ini Beda Baking Soda dan Baking Powder | JENIS PERBEDAAN

JENIS PERBEDAAN -

Baking soda dan baking powder sama-sama dibutuhkan pada proses pembuatan kue. Kedua bahan ini mempunyai fungsi yang sama yaitu sebagai bahan pengembang adonan kue. Baking soda dan baking powder akan bereaksi dengan adonan sehingga menghasilkan karbondioksida saat dipanaskan di dalam oven. Namun karena bentuknya sangat mirip, tidak sedikit orang awam termasuk Anda yang kesulitan untuk membedakannya.

Baking soda dan baking powder mempunyai perbedaan di beberapa aspek. Contohnya untuk bahan baku pembuatnya, baking soda dan baking powder dibuat dari bahan yang tidak sama. Bahan baku baking soda hanya berupa sodium bicarbonate/natrium bicarbonate saja. Tetapi baking powder terbuat dari sodium bicarbonate/natrium bicarbonate yang dicampur bahan asam dan bahan lainnya. Krim tartar dan bahan pengering misalnya.

perbedaan-baking-soda-powder.jpg

Oleh karena itu, baking soda hanya akan bereaksi membuat adonan kue mengembang apabila dicampur dengan bahan yang memiliki kandungan asam. Di antaranya seperti telur cokelat, madu, yoghurt, cuka, dan sebagainya. Setelah bahan-bahan ini dan baking soda tercampur, reaksinya akan terjadi pada saat itu juga. Sebaiknya adonan kue yang sudah mengembang ini segera dimasukkan ke dalam oven agar lebih sempurna.

Di sisi lain, baking powder tidak perlu campuran bahan tambahan lain untuk membuatnya bereaksi sebab bahan ini notabene sudah mengandung asam. Reaksi mengembang pada adonan kue yang diberi baking powder justru seketika bakal terjadi manakala diberi tambahan dengan bahan cair. Reaksi mengembang pada baking powder juga berlangsung lebih lambat atau setidaknya tidak secepat baking soda.

Lantas, kapan kita sebaiknya menggunakan baking soda atau baking powder? Hal ini kembali lagi tergantung pada jenis kue yang ingin dibuat. Jikalau Anda berniat membuat kue yang tidak menggunakan telur sebagai bahan pembentuk adonannya, maka kami menyarankan pakailah baking powder. Sementara itu, bila anda berencana ingin membuat kue yang memakai telur, gunakan saja baking soda agar hasilnya lebih bagus.

KESIMPULAN

Kita bisa menyimpulkan kalau perbedaan antara baking soda dan baking powder antara lain :

  1. Baking soda terbuat dari sodium bikarbonat. Untuk baking powder terbuat dari sodium bikarbonat yang dicampur bahan tambahan lainnya.
  2. Baking soda akan bereaksi saat bertemu dengan bahan yang bersifat asam. Sedangkan reaksi baking powder akan terjadi ketika ditambah bahan cair.
  3. Reaksi mengembang pada adonan kue yang diberi baking soda lebih cepat dibandingkan dengan baking powder.
  4. Baking soda dapat digunakan untuk adonan kue yang menggunakan telur. Berbeda dengan baking powder yang bisa ditambahkan untuk adonan kue tanpa telur.
  5. Tidak seperti baking powder, pemakaian baking soda yang terlalu banyak dapat menimbulkan rasa getir. Untuk menutupinya, Anda bisa menambahkan bahan asam.


Demikianlah Artikel Ini Beda Baking Soda dan Baking Powder | JENIS PERBEDAAN

Sekianlah artikel Ini Beda Baking Soda dan Baking Powder | JENIS PERBEDAAN kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan artikel ini.

Subscribe to receive free email updates: