Lima Perbedaan Ginjal Kiri dan Ginjal Kanan

Lima Perbedaan Ginjal Kiri dan Ginjal Kanan - Apakah sahabat sedang mencari informasi tentang JENIS PERBEDAAN ?, Nah isi dalam Artikel ini disusun agar pembaca dapat memperluas pegetahuan tentang Lima Perbedaan Ginjal Kiri dan Ginjal Kanan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan referensi dari semua pembahasan untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Pengetahuan, yang kami suguhkan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Lima Perbedaan Ginjal Kiri dan Ginjal Kanan
link : Lima Perbedaan Ginjal Kiri dan Ginjal Kanan

Baca juga


Lima Perbedaan Ginjal Kiri dan Ginjal Kanan

Apakah perbedaan antara ginjal kiri dan ginjal kanan? Ginjal pada manusia berfungsi untuk menyaring darah, mengendalikan keseimbangan cairan tubuh, membuang limbah metabolisme berupa urine, dan mengatur elektrolit. Bentuk organ ini mirip seperti kacang dan berukuran sekepalan tangan. Posisinya berada di belakang perut. Ada dua ginjal yang dimiliki oleh setiap manusia, ginjal yang pertama terletak di sebelah kanan tulang belakang dan ginjal yang satunya lagi terletak di sebelah kiri tulang belakang.

Ginjal berukuran sekitar 10-13 cm. Berat ginjal pria berkisar antara 125-170 gram dan ginjal wanita sekitar 115-155 gram. Di dalam ginjal terdapat kurang lebih sejuta unit fungsional yang berukuran super kecil yang dinamakan nefron. Nefron adalah agen yang berfungsi sebagai filter atau penyaring darah yang ukurannya mikroskopis. Jika tidak dijaga dengan baik, ginjal akan mengalami gangguan seperti tekanan darah tinggi, hipertensi, diabetes, sampai gagal ginjal. Perbanyak meminum air putih serta memakan buah dan sayuran akan menjaga fungsi ginjal Anda.

ginjal-kiri-dan-kanan.jpg

Ginjal Kiri

Pada manusia, ginjal kiri tepatnya berada di antara rusuk 11 dan rusuk 12. Ukurannya lebih panjang sekira 0,5-1,5 cm ketimbang ginjal kanan. Ginjal kiri berhubungan dengan limpa, prankeas, kelenjar suprarenal kiri, perut, usus besar lentur kolik kiri, serta jejunum. Sementara untuk permukaan posteriornya tersambung dengan rusuk 11 dan rusuk 12, kuadratus lumborum, tendon dari otot transverses abdominis, serta psoas utama.

Ginjal Kanan

Posisi ginjal kanan terletak dan bersambung dengan rusuk 12. Ginjal kanan dan ginjal kiri memang tidak berada pada posisi yang sama sebab bentuk rongga perut tidak simetris. Kenapa ketinggian ginjal kanan lebih rendah daripada ginjal kiri? Karena ada organ hati di sebelah kanan perut. Selain itu, ginjal kanan juga berukuran lebih kecil dibandingkan dengan ukuran ginjal kiri.

Perbedaan

Jadi apa bedanya ginjal kiri dan ginjal kanan?

  1. Ginjal kiri berada di sebelah kiri tulang belakang. Sedangkan ginjal kanan terletak di sebelah kanan tulang belakang.
  2. Ginjal kiri berhubungan dengan rusuk 11 dan rusuk 12. Sementara ginjal kanan hanya tersambung dengan rusuk 12.
  3. Ginjal kanan terletak pada ketinggian yang lebih rendah daripada ginjal. Hal ini dikarenakan adanya organ hati di sebelah kanan perut.
  4. Ginjal manusia berukuran rata-rata sekitar 10-13 cm. Ukuran ginjal kanan lebih kecil antara 0,5-1,5 cm daripada ginjal kiri.
  5. Ginjal kiri dan ginjal kanan juga mempunyai tugas khusus yang berbeda. Jadi sebenarnya mengambil salah satu ginjal dapat mengakibatkan dampak negatif yang serius terhadap kesehatan.


Demikianlah Artikel Lima Perbedaan Ginjal Kiri dan Ginjal Kanan

Sekianlah artikel Lima Perbedaan Ginjal Kiri dan Ginjal Kanan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan artikel ini.

Subscribe to receive free email updates: