Perbedaan Buah Kenari dan Almond

Perbedaan Buah Kenari dan Almond - Apakah sahabat sedang mencari informasi tentang JENIS PERBEDAAN ?, Nah isi dalam Artikel ini disusun agar pembaca dapat memperluas pegetahuan tentang Perbedaan Buah Kenari dan Almond, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan referensi dari semua pembahasan untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Kuliner, yang kami suguhkan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Perbedaan Buah Kenari dan Almond
link : Perbedaan Buah Kenari dan Almond

Baca juga


Perbedaan Buah Kenari dan Almond

Apakah perbedaan antara buah kenari dan almond? Tanaman kenari dan almond mempunyai kesamaan yaitu sama-sama menghasilkan buah yang dapat dikatakan sebagai kacang. Yap, kacang kenari dan kacang almond begitulah kira-kira nama umum dari kedua bahan makanan ini. Kedua kacang ini pun mengandung serat yang tinggi sehingga membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Di samping itu, kacang kenari serta kacang almond kaya akan lemak tak jenuh yang sanggup membersihkan arteri dan meningkatkan fungsi usus.

Kenyataannya buah kenari dan almond kini sudah akrab dalam keseharian masyarakat di Indonesia. Keduanya sama-sama sering digunakan sebagai topping, baik untuk roti dan kue, maupun kudapan lainnya. Kacang kenari dan almond mempunyai rasa yang gurih serta tekstur yang keras di luar dan lembut di dalamnya. Tak ayal, sebagian besar orang yang pernah mencicipi kacang kenari dan kacang almon mengaku langsung menyukainya.

Kenari

perbedaan-buah-kenari.jpg

Kenari adalah tanaman penghasil kacang kenari yang tergolong anggota dari famili Burseraceae di genus Canarium. Tanaman ini dipercaya berasal dari Maluku dan Vanuatu. Bagian yang dapat dimanfaatkan dari tanaman ini ialah buah, terutama isi bijinya. Buah kenari mengandung biji yang terbungkus oleh lapisan cangkang yang keras. Di dalam cangkang ini terdapat isi yang mengandung lemak dan protein sehingga kerap disebut kacang. Selain dimakan atau dijadikan topping, kacang kenari juga sering diekstrak untuk diambil minyaknya.

Ada dua spesies tanaman kenari asli dari Indonesia yaitu Canarium indicum dan Canarium vulgare. Keduanya mempunyai buah yang bentuknya mirip, tetapi ukurannya cukup berbeda. Perbedaan yang mencolok justru terletak pada daun kedua spesies tanaman kenari ini. Canarium indicum memiliki daun penyangga yang besar dengan tepi bergerigi. Sedangkan Canarium vulgare mempunyai daun penyangga yang besar, namun tepinya rata.

Kenari termasuk kacang terbaik karena banyak mengandung omega 3. Perlu diketahui, omega 3 sangat bagus untuk mendukung kesehatan jantung, mempunyai sifat anti inflamasi, dan mengurangi efek asma dan radang sendi. Di dalam setiap 1 porsi atau 8 ons kacang kenari cincang mengandung setidaknya 180 kalori. Kacang kenari bisa dimakan begitu saja atau dijadikan sebagai topping kue. Disarankan untuk menyangrai atau memanggang kacang kenari terlebih dahulu supaya rasa gurih dan aroma khasnya lebih keluar.

Almond

perbedaan-buah-almond.jpg

Almond adalah tanaman penghasil kacang almond yang termasuk dalam keluarga Rosaceae di genus Prunus. Buah almond dihasilkan oleh tanaman yang bernama latin Prunus dulcis. Buah ini dilapisi oleh kulit yang bertekstur menyerupai kulit. Apabila buah ini dikupas dan cangkangnya dipecah, maka di dalamnya terkandung isi yang biasa disebut kacang almond.

Buah almon berbentuk oval dengan bagian ujung yang melancip. Buah ini biasanya tumbuh di area ketiak daun. Di dalam satu tangkai biasanya hanya terdapat satu buah almond. Buah yang masih mentah berwarna hijau muda, kemudian berangsur-angsur menjadi kekuningan seiring dengan bertambahnya tingkat kematangan buah tersebut,

Dibutuhkan teknik tersendiri untuk mengupas buah almond dan mengeluarkan kacangnya sebab cangkang buah ini terbilang sangat keras. Proses ini dimulai dengan merendam buah almond terlebih dahulu supaya teksturnya menjadi lunak. Lantas barulah lapisan kulit, daging, dan cangkang buah almond disingkirkan. Setelah kacang almond sudah bersih, kacang tersebut lalu dijemur di bawah sinar matahari sampai kering sehingga teksturnya menjadi keras kembali.

Perbedaan

Perbedaan antara buah kenari dan buah almond adalah sebagai berikut :

  1. Kenari merupakan tanaman asli Indonesia, tepatnya di Maluku. Sedangkan almond merupakan tanaman impor.
  2. Tanaman kenari termasuk dalam famili Burseraceae dan tanaman almond tergolong dalam keluarga Rosaceae.
  3. Buah kenari berbentuk cenderung bulat. Berbeda dengan buah almond yang berbentuk lonjong dengan ujung yang melancip.
  4. Secara garis besar, ukuran buah kenari lebih besar dibandingkan dengan buah almond.
  5. Lapisan daging pada buah kenari biasanya lebih tebal daripada buah almond.
  6. Pada satu tangkai buah kenari bisa terdapat 3 buah sekaligus. Tetapi setiap tangkai buah almond hanya berisi 1 buah.
  7. Kacang kenari banyak mengandung omega 3. Sementara itu, kacang almond merupakan sumber magnesium, kalium, dan vitamin E.


Demikianlah Artikel Perbedaan Buah Kenari dan Almond

Sekianlah artikel Perbedaan Buah Kenari dan Almond kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan artikel ini.

Subscribe to receive free email updates: