6 Perbedaan Beras Putih dan Beras Merah

6 Perbedaan Beras Putih dan Beras Merah - Apakah sahabat sedang mencari informasi tentang JENIS PERBEDAAN ?, Nah isi dalam Artikel ini disusun agar pembaca dapat memperluas pegetahuan tentang 6 Perbedaan Beras Putih dan Beras Merah, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan referensi dari semua pembahasan untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Kuliner, yang kami suguhkan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 6 Perbedaan Beras Putih dan Beras Merah
link : 6 Perbedaan Beras Putih dan Beras Merah

Baca juga


6 Perbedaan Beras Putih dan Beras Merah

Apakah perbedaan antara beras putih dan beras merah? Sebagai penduduk Indonesia, makanan pokok kita adalah beras. Beras terbuat dari bulir-bulir padi yang telah dikelupas lapisan kulitnya. Setelah ditanak sedemikian rupa, beras akan mengalami perubahan kimia menjadi nasi.

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), beras adalah padi yang telah terkelupas kulitnya (yang menjadi nasi setelah ditanak). Beras memiliki bentuk berupa biji-bijian seperti halnya jagung, gandum, atau kopi. Beras dapat dibedakan menjadi beberapa macam berdasarkan warnanya yaitu beras putih, beras merah, beras hitam, dan beras cokelat. Namun jenis beras yang umum dikonsumsi di Indonesia ialah beras putih dan beras merah.

beras-putih-dan-merah.jpg

Tahukah Anda, warna yang terdapat pada permukaan beras timbul secara genetik. Perbedaan gen mempengaruhi warna aleuron, warna endospermia, serta komposisi pati di endospermia pada masing-masing beras.

Beras Putih

Beras putih memiliki butiran-butiran yang berwarna keputih-putihan. Beras ini lebih banyak mengandung karbohidrat sehingga terasa lebih manis dibandingkan dengan beras-beras lainnya. Itulah kenapa sebagian besar orang lebih menyukai beras putih, di mana keberadaannya mendominasi pasar. Beras putih juga memiliki rupa yang agak transparan karena mempunyai sedikit aleuron dan amilosa. Kandungan gizi yang terdapat di dalam beras putih antara lain energi 357 kkal, protein 8.4 gram, lemak 1.7 gram, karbohidrat 77.1 gram, dan serat 0.2 gram.

Beras Merah

Beras merah mempunyai bulir-bulir yang berwarna kemerah-merahan atau merah keungu-unguan. Hal ini disebabkan adanya kandungan aleuron di dalam beras ini yang memiliki suatu gen yang dapat menghasilkan antosianin. Zat antosianin inilah yang merupakan sumber utama munculnya warna pada bulir beras merah ini. Beras merah dikenal mempunyai kandungan serat yang lebih tinggi serta karbohidrat kompleks. Hal ini menyebabkan rasanya lebih kaku. Adapun beras merah mengandung beberapa gizi yang meliputi energi 352 kkal, protein 7.3 gram, lemak 0.9 gram, karbohidrat 76.2 gram, dan serat 0.8 gram.

Perbedaan

Perbedaan-perbedaan antara beras putih dengan beras merah yaitu :

  1. Beras putih berwarna keputih-putihan. Beras berwarna kemerah-merahan atau merah keungu-unguan.
  2. Beras putih mengandung lebih banyak karbohidrat daripada beras merah. Itu sebabnya, beras ini memiliki rasa yang agak manis.
  3. Beras merah mempunyai serat yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan beras putih. Hal ini mengakibatkan rasa beras merah agak kaku.
  4. Kebanyakan orang lebih menyukai beras putih ketimbang beras merah. Oleh karena itu, beras putih sangat mendominasi pasar.
  5. Rata-rata harga beras merah lebih mahal daripada beras putih. Beras merah biasanya dikonsumsi untuk diet.
  6. Sistem pencernaan tubuh kita lebih lambat mencerna beras merah ketimbang beras putih sebab mempunyai kandungan serat yang lebih tinggi.


Demikianlah Artikel 6 Perbedaan Beras Putih dan Beras Merah

Sekianlah artikel 6 Perbedaan Beras Putih dan Beras Merah kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan artikel ini.

Subscribe to receive free email updates: